detikNews
Minggu 08 April 2018, 06:45 WIB

Soal Serangan Balik Jokowi, Hanura: Dia Kobarkan 'Mesin' Relawan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Soal Serangan Balik Jokowi, Hanura: Dia Kobarkan Mesin Relawan Saleh Husin (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Hanura Saleh Husin mengatakan wajar Jokowi blak-blakan soal isu utang negara hingga tudingan PKI di hadapan relawan. Saleh mengatakan Jokowi hanya memanaskan 'mesin' jelang Pilpres 2019.

"Pak Jokowi dalam pengarahannya tadi dalam acara GK Centre di Bogor ya normal normal saja, malah dibarengi dengan guyonan yang membuat hadirin tertawa juga," kata Saleh lewat pesan singkat, Sabtu (7/4/2018) malam.

[Gambas:Video 20detik]



Saleh mengatakan dalam forum itu Jokowi membakar semangat relawan. Apalagi Pilpres 2019 sudah di depan mata.

"Namun, mungkin karena dalam forum para relawan dan semangatnya para relawan harus dibangkitkan jadi sepertinya beliau bersemangat termasuk dalam menanggapi berbagai isu yang berkembang. Kan waktunya sudah dekat jadi mesin para relawan tentu harus dikobarkan," urai mantan Menteri Perindustrian itu.


Sebelumnya, Jokowi menanggapi berbagai isu dan tudingan yang 'menyerang' dirinya. Dia menegaskan banyak cara tidak beradab yang dipakai untuk menyerangnya, salah satunya soaltudingan antek asing dan PKI.

Tak hanya soal isu antek asing dan PKI, Jokowi juga menjawab soal isu utang negara hingga gerakan #2019GantiPresiden. Dia juga menanggapi soal pernyataan Ketum Gerindra Prabowo Subianto soal Indonesia bubar pada 2030.

"Kita memang harus tahan uji, harus tahan banting, harus kerja keras, harus berusaha. Jangan malah pesimis 2030 bubar!" kata Jokowi saat menghadiri Konvensi Nasional Galang Kemajuan 2018, yang dihadiri ribuan relawan, di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2018).

"Pemimpin itu harus memberikan optimisme kepada rakyatnya. Pemimpin itu harus memberi semangat kepada rakyatnya," tambah Jokowi.
(ams/abw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com