DetikNews
Jumat 06 April 2018, 08:20 WIB

KLHK Cek ke Lokasi Diduga Terpapar Merkuri di Sukabumi Hari Ini

Andhika Prasetia - detikNews
KLHK Cek ke Lokasi Diduga Terpapar Merkuri di Sukabumi Hari Ini Daerah di Sukabumi yang diduga terpapar merkuri. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Enam kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat diduga terpapar merkuri akibat pencemaran sungai. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan turun kembali ke lapangan untuk melakukan pengecekan di lokasi.

"Untuk dugaan paparan merkuri di Sukabumi, tim dari Ditjen PSLB3 hari ini turun ke lapangan bersama tim dari Kemenkes," ujar Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien saat dimintai konfirmasi, Jumat (6/4/2018).


KLHK menyebut, salah satu penyakit akibat paparan merkuri adalah minamata. Namun, KLHK belum bisa memastikan apakah warga di Sukabumi sudah terjangkit penyakit tersebut sebelum mengecek langsung ke lapangan.

"Yang terjadi di Minamata memang berasal dari pencemaran merkuri," tutur Rosa.

"Makanya kami cek dulu ya," kata Rosa.


Sebelumnya, pada Februari lalu, tim gabungan menemukan data 6 kecamatan di Sukabumi diduga terpapar merkuri. Sementara delapan aliran sungai yang diduga tercemar adalah Sungai Cibareno, Sungai Cimaja, Sungai Cidadap, Sungai Cibutun, Sungai Cisaar, Sungai Cimarinjung, Sungai Ciwaru dan Sungai Cikarang.

"Jadi ceritanya ini Sukabumi sudah terkenal sebagai produsen pengolahan bahan merkuri dengan bahan pokok batu sinabar yang berasal dari luar jawa kemudian diolah salah satunya di Sukabumi. Menyikapi hal itu, TNI berdasarkan perintah bapak Panglima kemudian mencari tahu ada terdampak enggak masyarakat ini," kata Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arh Desi Ariyanto saat menggelar pengobatan massal di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/2).

Berikut enam kecamatan yang diduga warganya terdampak merkuri:

1. Kecamatan Cisolok : Desa Cicadas, Desa, Gunungkaramat, Desa Caringin, Desa Pasirbaru, Desa Sukarame, Desa Karangpapak dan Desa Cimaja
2. Kecamatan Simpenan : Desa Cidadap, Desa Loji, Desa Sangrawayang, Desa Kertajaya dan Desa Cihaur
3. Kecamatan Ciemas: Desa Ciemas, Desa Mekarjaya, Desa Ciwaru dan Desa Tamanjaya
4. Kecamatan Ciracap : Desa Purwasedar, Desa Ciracap dan Desa Pasirpanjang
5. Kecamatan Waluran : Desa Waluran, Desa Waluran Mandiri, Desa Mekarmukti dan Desa Caringin Nunggal
6. Kecamatan Surade : Desa Pasir Ipis, Desa Kadaleman dan Desa Sirnasari
(dkp/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed