Jadi Tersangka, Eks Dirut Pertamina Karen Dicegah ke Luar Negeri

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 05 Apr 2018 12:16 WIB
Foto: detikFOTO
Jakarta - Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan sudah dicegah Imigrasi ke luar negeri. Masa cegah Karen diperpanjang setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi investasi PT Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia.

"Atas nama Karen Agustiawan diperpanjang pencegahannya atas permintaan Jaksa Agung dan berlaku sampai dengan 4 Oktober 2018," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Agung Sampurno, Kamis (5/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]




Agung menyebut surat perpanjangan masa cegah Karen ke luar negeri diterbitkan pada 27 Maret. Karen ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Perintah Penetapan Tersangka Dirdik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Nomor: Tap-13/F.2/Fd.1/03/2018.

"(Karen) sudah dicegah sebelum ditetapkan sebagai tersangka," ujar Dirdik pada Jampidsus, Warih Sadono terpisah.



Warih menjelaskan investasi Pertamina diduga menyimpang mulai dari tahapan pengusulan investasi. Pengusulan disebut Kejagung, tidak sesuai Pedoman Investasi dalam pengambilan keputusan yakni tidak melakukan kajian kelayakan dan tanpa adanya persetujuan dari Dewan Komisaris. (fdn/fdn)