ADVERTISEMENT

Kapitra Ampera: Mari Kita Maafkan Sukmawati

Fajar Pratama - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 17:24 WIB
Kapitra Ampra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Aktivis Persaudaraan Alumni 212 Kapitra Ampera merupakan salah satu pihak yang pertama kali bersuara mengenai puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri. Kapitra mengajak umat Islam memaafkan Sukmawati, yang sudah menyampaikan permohonan maaf.

"Karena alhamdulillah ada kesadaran dari Ibu Sukmawati yang menyampaikan mengenai kekeliruan dia dan minta maaf. Dia juga seorang muslimah. Saya mengajak agar kita memaafkan dia," kata Kapitra dalam keterangannya, Rabu (4/4/2018).



Kapitra mengatakan muslim harus menyambut dengan tangan terbuka terhadap seseorang yang meminta maaf.

"Mari kita membuka tangan, kita maafkan. Kita tunjukkan Islam yang membuat sejuk dan membuat teduh," ujar Kapitra.

Mengenai bagian puisi yang menyebut 'saya tak tahu syariat Islam', Kapitra menyatakan siap berdiskusi dengan Sukmawati.

"Kalau dia tidak tahu soal Islam, saya siap bertukar pikiran dengan bu Sukmawati," kata Kapitra.

Hari ini Sukmawati menggelar konferensi pers dan menyatakan permintaan maaf. Dia mengaku tak memiliki kesengajaan menyakiti perasaan umat Islam.

"Namun dengan karya sastra dari puisi 'Ibu Indonesia' ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan, baik pro dan kontra, khususnya di kalangan umat Islam. Dengan ini, dari lubuk hati yang paling dalam, saya (Sukmawati menangis) mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan dengan puisi 'Ibu Indonesia'. Selain itu, saya menyampaikan permohonan maaf kepada Anne Avantie dan keluarga serta apresiasi dan terima kasih kepada seluruh fashion designer Indonesia agar tetap berkreasi dan produktif," ujar Sukmawati.

[Gambas:Video 20detik]

(fjp/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT