Dukung dr Terawan, Politikus Golkar Ini Minta IDI Cabut Pemecatan

Widiya Wiyanti - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 17:18 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencabut pemecatan sementara Kepala RSPAD Gatot Soebroto Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad (dr TAP). Dia juga meminta Kemenkes memberi perlindungan kepada dokter TNI AD berpangkat mayjen itu.

"Pertama meminta IDI mencabut (pemecatan), yang kedua agar adanya perlindungan yang pasti dari pemerintah terutama dari Kementerian Kesehatan," ujar Dave saat keluar dari ruang pertemuan di lantai 2 gedung utama RSPAD, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018).


Menurutnya, dr Terawan tidak melakukan pelanggaran apa pun sampai harus dipecat. Dave, yang pernah menjadi pasien dr Terawan, mengatakan terapi 'cuci otak' dengan menggunakan digital subtraction angiography (DSA) membuat banyak pasien semakin baik kondisinya.

"Itu kan bisa merusak nama baik dia, apalagi kita tahu dampaknya dari DSA ini sangat bagus. Banyak yang dari Komisi I dan ribuan orang Indonesia (pernah jadi pasien dr Terawan), dari presiden sampai rakyat biasa," katanya.

[Gambas:Video 20detik]


Dave menyebutkan beberapa manfaat dari hasil terapi dengan DSA. Sakit kepala yang dialaminya membaik setelah satu kali mendapatkan terapi.

"Manfaatnya luar biasa, kepala nyut-nyutan sudah hilang, penglihatan juga cukup jelas. Saya bisa sebut keberhasilan dari metode tersebut," jelasnya.

Karena itu, Dave berharap pemecatan dr Terawan dicabut agar ia bisa kembali menangani pasien. "Ini tidak melanggar apa-apa dan dr Terawan bisa berpraktik secara normal," tutur politikus Golkar ini. (idh/elz)