detikNews
Rabu 04 April 2018, 11:17 WIB

Cerai dari Vero, Ahok Menangkan Hak Asuh Nathania dan Daud

Aditya Mardiastuti, Zunita Amalia Putri - detikNews
Cerai dari Vero, Ahok Menangkan Hak Asuh Nathania dan Daud Foto: dok. Instagram @basukibtp
FOKUS BERITA: Sah! Ahok-Vero Cerai
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi bercerai dari Veronica Tan. Majelis hakim mengabulkan gugatan Ahok soal hak asuh Nathania Purnama, dan Daud Albeenner Purnama.

"Akan lebih bijaksana hak asuh dalam mendidik anak yang masih kecil diserahkan kepada penggugat selaku ayah kandung dengan tetap memberikan kewajiban terhadap tergugat untuk memberikan kasih sayang kepada kedua anaknya," ujar hakim Sutadji membacakan pertimbangan putusan gugatan cerai Ahok di PN Jakarta Utara, Jl Gajah Mada, Jakpus, Rabu (4/4/2018).



Dalam pertimbangannya, majelis hakim memaparkan fakta hukum soal penentuan hak asuh berdasarkan usia anak. Nathania berdasarkan akte kelahiran belum genap berusia 17 tahun dan Daud belum genap berusia 12 tahun

"Secara psikologis masih sangat membutuhkan kasih sayang orang tuanya dan oleh karena kedua orang tuanya akan bercerai maka hak asuh yang dipermasalahkan penggugat harus ditentukan," sambung hakim.

Menurut hakim, anak yang belum dewasa tersebut masih membutuhkan kasih sayang seorang ibu termasuk soal pendidikan. Karena itu ditegaskan hakim, penting untuk mendekatkan anak tersebut dengan ibunya. Namun hal ini tidak bisa dilakukan karena Veronica Tan yang digugat cerai sudah melanggar norma dalam rumah tangga.

Tergugat selaku ibu kandung telah melakukan perbuatan yang melanggar norma norma dalam rumah tangga," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Sah! Ahok-Vero Cerai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com