DetikNews
Selasa 03 April 2018, 15:41 WIB

Survei Indo Barometer di Jatim: Anies dan AHY Cawapres Favorit

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Survei Indo Barometer di Jatim: Anies dan AHY Cawapres Favorit Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari memaparkan hasil survei Pilgub Jatim. (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei pemilihan calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Hasilnya, nama Anies Baswedan dan Agus Harimurti unggul di Jawa Timur.

"Berdasarkan pertanyaan terbuka, meski tingkat keterpilihan calon wapres masih rendah, nama Anies Baswedan unggul dengan perolehan 11,1%, disusul Jusuf Kalla 9%, Agus Harimurti 7%, dan Prabowo Subianto 4,9%. Sementara tidak tahu/tidak jawab 46,4%," ujar Direktur Eksekutif Muhammad Qodari saat memaparkan hasil survei di Harris Suites FX Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2018).


Sementara itu, berdasarkan simulasi 17 nama dengan pertanyaan tertutup, Agus Harimurti memimpin dengan 15,1%. Sedangkan nama-nama lain, seperti Anies mendapat 13,1%, Gatot mendapat perolehan 7,9%, dan Ridwan Kamil 6%.

"Muhaimin Iskandar memperoleh 5,3%. Calon wakil lainnya masih di bawah 5%. Sedangkan yang belum memutuskan 30,8%," pungkasnya.


Survei dilakukan pada 29 Januari hingga 4 Februari 2018. Ada 800 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei tersebut kurang-lebih 3,46% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Indo Barometer melakukan pengumpulan data dengan menggunakan tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan pertanyaan siapa nama calon yang akan dipilih sebagai wakil presiden.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed