Demokrat Segera Tentukan Dukungan Pilgub Sumut 2018

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 03 Apr 2018 15:23 WIB
Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan (Foto: Faiq Hidayat-detikcom)
Jakarta - Setelah tak punya calon yang didukung di Pilgub Sumatera Utara 2018, Demokrat akan menentukan sikap. Mereka akan melabuhkan dukungan antara ke Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

"Setelah Pak JR tidak berhasil untuk maju, PD, dalam 1-2-3 hari ini, akan menentukan sikapnya untuk ikut atau tidak ikut, atau mendukung siapa," ujar Sekjen PD Hinca Pandjaitan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Untuk diketahui, PD awalnya mengusung pasangan JR Saragih-Ance Selian. Namun, pasangan itu dinyatakan tak lolos sebagai peserta pilgub lantaran permasalahan ijazah palsu yang menyeret JR Saragih.



JR Saragih bahkan sekarang merupakan tersangka ijazah palsu. Dia juga dipecat PD dari kepengurusan partai di Sumut. JR dulunya ketua DPD PD Sumut.

Kembali ke soal dukung-mendukung. Hinca menjelaskan mengapa PD penting melabuhkan dukungan ke salah satu pasangan calon di Pilgub Sumut. Salah satu alasannya terkait jumlah pemilih di Sumatera Utara yang banyak.



"Sumut ini salah satu lumbung suara terbesar di luar Pulau Jawa sebelah barat dan PD di Sumut duduki rangking ke-3. Karena itu kami punya konsentrasi penuh untuk Sumut dalam rangka mempersiapkan 2018 juga 2019," jelas dia. (gbr/rvk)