Pengambilan Sampah Teluk Jakarta Disetop, Kapal Patroli Siaga

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 03 Apr 2018 09:49 WIB
Foto: Eva Savitri/detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menghentikan pengangkutan sampah di Teluk Jakarta, kawasan Muara Angke, Jakarta Utara. Meski pengangkutan sampah disetop, Pemprov DKI tetap menyediakan kapal patroli untuk menjaga kawasan tersebut dari sampah.

"Sudah (dihentikan). Tapi patroli rutin kapal sampah tetap dilakukan, (untuk) memantau. Ya, kalau ada sampah, diangkut," kata Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Hardiman kepada detikcom, Selasa (3/4/2018).


Yusen menuturkan wajah kawasan kini sudah bersih dari sampah plastik. Di lokasi tersebut sudah tertanam ribuan bibit pohon mangrove.

"Sudah ditanami mangrove, dan lahan yang tadinya sampah akan ditanami mangrove. Sebagian lahan sudah ditanami 5.300 bibit mangrove," terang Yusen.

Selain menyiagakan kapal patroli, Pemprov DKI memasang jaring untuk menghalangi sampah masuk ke laut. Nantinya, warga sekitar juga akan diberi pendidikan demi menjaga kawasan itu.


"Ke depan, akan dipasang jaring sampah. Ada edukasi kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga, oleh Komunitas Mangrove Muara Angke," jelasnya.

Yusen sebelumnya mengatakan kawasan tersebut belum sepenuhnya bersih dari sampah. Masih ada sampah organik yang bisa dimanfaatkan sebagai media bibit mangrove.

"Jadi nggak semua sampah kita ambil. Sampah dalamnya yang organik itu bisa untuk media tanam mangrove," tutur Yusen saat dihubungi kemarin.

(zak/fjp)