Lautan Sampah di Teluk Jakarta Kini Ditanami Mangrove

Eva Savitri - detikNews
Senin, 02 Apr 2018 13:07 WIB
Foto: Eva Savitri/detikcom
Jakarta - Wajah Teluk Jakarta yang sebelumnya penuh sampah, kini terlihat berbeda. Teluk Jakarta kini terlihat lebih hijau setelah ditanami pohon mangrove.

"Kita gempur di Muara Angke sembilan hari dari tanggal 17-27 Maret lalu, total ada 133 ton (sampah), sekarang ranahnya ketua kawasan manggrove," ujar Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman saat dihubungi detikcom, Senin (2/4/2018).

Seorang warga menanam mangrove di lokasiSeorang warga menanam mangrove di lokasi Foto: Eva Savitri/detikcom

Di lokasi sampah plastik yang tadinya menumpuk, kini sudah tidak ada. Namun ada beberapa sisa sampah yang digunakan sebagai media penanaman pohon mangrove.


"Jadi nggak semua sampah kita ambil, kalau sampah dalamnya yang organik itu bisa untuk media tanam mangrove," ucapnya.

Ketua Komunitas Manggrove Muara Angke Risnandar menuturkan penanaman pohon manggrove sudah dilakukan sejak Kamis (29/3). Penanaman dilakukan oleh pihak CSR dari PJB Muara Karang bersama kominitas mangrove.

Ribuan mangrove ditanam di Teluk JakartaRibuan mangrove ditanam di Teluk Jakarta Foto: Eva Savitri/detikcom

"Rencana 10.000 pohon, nanti hari Rabu (4/4) akan dilanjutkan," ujar Nandar.


Meskipun sudah mulai ditanami pohon mangrove, bambu pancang yang membatasi dengan area laut masih terlihat rusak. Nandar berharap agar instansi terkait dapat memperbaiki hal tersebut dengan membuat pemecah ombak.

"Saya berharap pemerintah dapat membantu membuat pemecah ombak di depan tanaman kita agar tanaman aman dari ombak besar dan sampah tidak masuk lagi ke kawasan mangrove," tutupnya.




(mea/mea)