DetikNews
Jumat 30 Maret 2018, 18:57 WIB

16 Rumah dan Warung di Lokasi Longsor Puncak Pas akan Dipindah

Mei Amelia R - detikNews
16 Rumah dan Warung di Lokasi Longsor Puncak Pas akan Dipindah Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Pemerintah Cianjur memperbaiki jalan yang terimbas longsor di Puncak Pas. Ada beberapa upaya yang akan dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor susulan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan upaya ini dilakukan mengingat longsor di lokasi sudah dua kali terjadi.

"Ini memang dalam proses perbaikan, sebulan lalu longsor, saya juga hadir di sini," kata Irjen Agung dalam keterangannya yang diterima detikcom, Jumat (30/3/2018).

Ada beberapa upaya yang akan dilakukan pihak terkait untuk memperbaiki longsor tersebut. Tahap pertama, pihak Kementerian PUPR akan memapras tebing di sekitar lokasi.

"Dalam waktu dekat Kementerian PUPR akan memapras lereng sebelah kiri, kira-kira 2 meter dari sini, sehingga posisi jalan lebih lebar dan luas," terang Agung.

Pemerintah Kabupaten Cianjur juga akan merelokasi beberapa bangunan di sekitar lokasi. "Sebanyak 16 rumah dan warung akan dipindahkan, nanti bekerja sama dengan Pemkab Cianjur supaya demi keselamatan saudara kita di atas sana," sambungnya.
Kapolda Jabar cek lokasi longsorKapolda Jabar cek lokasi longsor (Foto: dok. Istimewa)

Pengerjaan akan dilakukan secepatnya. Diperkirakan perbaikan selesai dalam waktu 10 hari.

"Sehingga diharapkan sebelum Lebaran sudah operasional," imbuhnya.

Saat ini jalur puncak ke Cianjur via Puncak Pas sudah bisa dilewati. Namun hanya sepeda motor dan mobil penumpang yang boleh melintas, mengingat jalan sedang diperbaiki.


(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed