Ibadat Jumat Agung, Umat Katolik Doakan Pemimpin Negara

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 30 Mar 2018 17:53 WIB
Jumat Agung di Gereja Katedral (Marlinda Oktavia/detik)
Jakarta - Ibadat Jumat Agung tengah berlangsung di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Dalam doanya, umat Katolik mendoakan pemimpin bangsa Indonesia.

"Marilah kita berdoa untuk semua pemimpin negara, supaya Allah dan Tuhan kita mengarahkan hati dan budi mereka untuk mengusahakan perdamaian dan kebebasan sejati bagi semua orang," ucap Romo Hanirudi Hartoko, SJ, didampingi Romo Adi Susanto, SJ, dalam ibadat Jumat Agung di Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2018).

"Allah yang Mahakuasa dan Kekal, sudilah mendampingi para pemimpin negara, supaya berkat bantuanmu di seluruh dunia terjaminlah kesejahteraan bangsa-bangsa, kepastian kedamaian dan kebebasan beragama. Dengan pengantaran Kristus, Tuhan kami," lanjut keduanya.


"Amin," ucap jemaat mengamini.

Ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral terdiri atas empat jadwal peribadatan. Jalan Salib pada pukul 09.00 WIB, ibadat pertama pada pukul 12.00 WIB, ibadat kedua pada pukul 15.00 WIB, dan ibadat terakhir pada pukul 18.00 WIB.

Dalam setiap peribadatan, baik ibadat pertama, kedua, maupun ketiga terbagi menjadi tiga rangkaian kegiatan. Yakni ibadat sabda, penghormatan salib, dan komuni.


Pantauan di lokasi, tampak umat Katolik, baik yang berasal dari paroki Katedral maupun yang bukan, memadati bagian dalam dan luar Gereja Katedral. Mereka tampak khusyuk dan khidmat mengikuti setiap prosesi peribadatan.

Jumat Agung sendiri merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan hari Paskah. Rangkaian tersebut, untuk umat Katolik, diawali dengan Rabu Abu yang digelar pada 40 hari sebelum Paskah, kemudian Minggu Palma, Tri Hari Suci yang terdiri atas Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah, hingga Hari Paskah yang jatuh pada 1 April mendatang. (gbr/gbr)