Ibadat Jalan Salib Awali Jumat Agung di Gereja Katedral

Marlina Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 30 Mar 2018 10:07 WIB
Ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)
Jakarta - Gereja Katedral menggelar salah satu rangkaian dari kegiatan Tri Hari Suci yakni Jumat Agung. Ibadat Jumat Agung yang merupakan penghormatan salib ini diawali dengan digelarnya ibadat Jalan Salib (Via Dolorosa).

"Pada hari ini kita memasuki ibadat penghormatan salib pada Jumat agung ini. Jadi pada pukul 09.00 WIB, kami akan mengawali ibadat jalan salib seperti biasanya," ujar Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2018).


Tahun ini, katedral menyelenggarakan ibadat Jalan Salib satu kali. Tak hanya itu, kali ini Jalan Salib juga tidak dilakukan dalam bentuk Tablo atau aksi teatrikal jalan salib.

"Yang biasanya setiap tahun diadakan dua kali pada hari ini hanya satu kali. Dan biasanya ada Tablo, tapi kali ini dibuat dalam bentuk lain. Visualisasi jalan salib. Jadi nanti ada kreatif OMK atau orang muda Katolik Katedral akan membantu untuk memberikan visualisasi itu," tuturnya.


Dalam ibadat Jumat Agung ini, setiap peribadatan akan terdiri dari tiga bagian. Yakni ibadat sabda, penghormatan salib dan komuni.

"Inilah puncak dimana Kristus sengsara wafat dan disalibkan untuk menebus umat manusia. Untuk itu kita semua mengadakan sebuah renungan dalam bentuk tiga bagian. Yang pertama ibadat sabda dimana kita memberikan kekuatan iman atas wafatnya Kristus bagi seluruh umat," tutur Susyana.

"Kemudian kedua penghormatan salib, jadi nanti umat maju perorang untuk mencium salib sebagai lambang Kristus telah mengorbankan dirinya untuk menebus umat manusia. Kemudian baru ditutup dengan komuni. Komuni itu dimana umat memetik buah dari salib kesengsaraan Kristus dan wafatnya Kristus. Memetik buah kemenangan karena nanti Kristus akan bangkit di hari paskah," lanjutnya.

Ibadat Jumat Agung ini dibagi dalam empat jadwal. Jadwal pertama Jalan Salib, kemudian Ibadat I pada pukul 12.00 WIB, ibadat II pukul 15.00 WIB dan ibadat III pada pukul 18.00 WIB.

"Biasanya sih misa-misa di pukul 12.00 itu akan cukup banyak dipadati umat. Kemudian juga jam kedua juga biasanya umat akan padat sekali. Tapi karena secara keseluruhan katedral sebagai gereja induk jadi banyak sekali paroki-paroki lain yang umatnya datang untuk mengikuti ibadat pada hari ini," papar Susyana.

Bagi Anda yang ingin beribadah di Gereja Katedral Jakarta, berikut ini jadwal misa dan ibadah selama Tri Hari Suci, seperti dikutip dari pengumuman gereja:

Kamis Putih

Misa I : pukul 17.00 WIB
Misa II : pukul 19.00 WIB
Misa III : pukul 21.00 WIB
Tuguran : pukul 23.00-00.00 WIB

Jumat Agung

Jalan Salib : pukul 09.00
Ibadat I. : pukul 12.00
Ibadat II : pukul 15.00
Ibadat III : pukul 18.00

Malam Paskah

Misa I : pukul 17.00 WIB
Misa II : pukul 20.00 WIB
Misa III : pukul 22.30 WIB

Minggu Paskah

Misa I : pukul 07.00 WIB
Misa II : pukul 09.00 WIB (pontifikal)
Misa III : pukul 11.00 WIB (keluarga)
Misa IV : pukul 17.00 WIB (dkp/dkp)