155 Aparat Gabungan Amankan Ibadah Jumat Agung di Katedral

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 30 Mar 2018 09:37 WIB
Aparat gabungan amankan ibadah di Katedral pagi ini (Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Aparat gabungan dari unsur Kepolisian dan TNI mengamankan proses ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Pengamanan telah dilakukan sejak Kamis (29/3).

"Hari ini tepatnya di Gereja Katedral, tepatnya wilayah Sawah Besar, depan Masjid Istiqlal, ada kegiatan misa dalam rangka rangkaian kegiatan Paskah. Sudah dimulai dari kemarin tanggal 29," ujar Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirzal Maulana, usai apel persiapan pengamanan di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2018).

155 Aparat Gabungan Amankan Ibadah Jumat Agung di KatedralFoto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom

Sekitar 155 personel aparat gabungan dikerahkan untuk pengamanan ibadat Jumat Agung hari ini. Terdiri dari TNI AD, BKO Polda, Brimob Polda.

"Para personel (dibagi) di beberapa titik sepanjang Jalan Menteng Utara sama depan Katedral. Nanti di tiap dua meter kami membagi titik-titik dua personel di tiap dua meter," tutur Mirzal.

Berdasarkan pantauan di lokasi, di area gereja terdapat pos pengamanan dari Polsek Sawah Besar dan terdapat personel dari Tim Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya. Di lokasi juga tampak disiapkan dua mobil gegana.


Untuk memperketat keamanan, security door juga disiapkan di pintu masuk Katedral. Security door disiapkan untuk mengecek setiap orang yang hendak masuk ke Katedral.

"Semua sudah disiapkan oleh pihak internal, biasanya ada pengamanan, ada satgas pengamanan setiap masuk di-absen siapa-siapa yang ikut kegiatan," paparnya.

Agenda di Katedral pagi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan dari Tri Hari Suci Paskah, yakni Jumat Agung. Tri Hari Suci dimulai pada Kamis kemarin dengan agenda Kamis Putih, hingga Malam Paskah pada 31 Maret besok. (rna/rna)