DetikNews
Jumat 30 Maret 2018, 07:20 WIB

Penutupan Alexis: Diawali Secarik Kertas Diakhiri Ibu-ibu Satpol PP

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Penutupan Alexis: Diawali Secarik Kertas Diakhiri Ibu-ibu Satpol PP Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Hotel dan tempat hiburan Alexis milik PT Grand Ancol telah ditutup. Proses penutupan Alexis ini melalui lika-liku mulai dari peringatan hingga penurunan petugas Satpol PP DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengirimkan surat keputusan pencabutan tanda usaha kepada Grup Alexis sejak Kamis (22/3) namun surat tersebut tidak diindahkan oleh pihak Alexis. Anies kemudian memberikan tenggat waktu lima hari terhitung mulai Jumat (23/3) untuk Alexis menutup semua usahanya.

Akhirnya, PT Grand Ancol atau dikenal dengan Hotel Alexis akhirnya resmi menutup semua jenis usahanya yang berada di Jalan RE Martadinata No 1, Jakarta Utara pada hari Rabu (28/3). Semua jenis usaha yang dimiliki oleh Grup Alexis tutup sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan oleh Anies.

Pada hari itu, Alexis memasang spanduk besar berisi pengumuman permohonan maaf dan penghentian usaha. Permohonan maaf tersebut ditujukan kepada masyarakat setempat karena telah menimbulkan polemik.

"Bersama ini kami menghaturkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang merasa terganggu atas gaduhnya pemberitaan yang terjadi selama beberapa bulan belakangan ini." Demikian isi tulisan yang tertera pada spanduk.

"Demi menghindari polemik yang berkepanjangan terhadap kegiatan di tempat usaha kami, maka bersama ini kami memutuskan terhitung mulai hari Rabu (28/3/2018), seluruh kegiatan usaha di dalam lokasi Jalan RE Martadinata No 1, kami hentikan dan tidak beroperasi lagi." Lanjut pernyataan tersebut.

Satu hari tepat setelah Alexis menutup semua jenis usahanya, Anies mengirimkan 30 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) wanita ke lokasi Hotel Alexis untuk memastikan bahwa hotel tersebut telah ditutup total.

"Sekarang tugas dari Ibu-ibu memastikan mereka (Alexis) menjalankan sesuai dengan keputusan yang sudah dibuat. Jalankan tugas hari ini dengan baik, tunjukkan, menegakkan peraturan tak perlu kekerasan, tunjukkan, menegakkan peraturan dengan kewibawaan," kata Anies saat pelepadan personel Satpol PP di halaman Pendopo Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (29/3).

Kedatangan Petugas Satpol PP Wanita di Hotel Alexis pun mendapat penolakan dari para karyawan Alexis yang berdemo dengan membawa poster berisikan tuntutan agar hotel tersebut tidak jadi ditutup. Tak hanya itu, 'ibu-ibu' Satpol PP pun diminta untuk 'balik kanan' oleh para pendemo.

"Balik kanan!" ujar mereka.

Tak hanya itu, sekitar 20 orang petugas sekuriti pun berbaris di depan lobi Hotel Alexis. Para petugas keamanan Alexis membuat pagar betis mencegah para Satpol PP itu masuk.

Para sekuriti berbadan tegap dan besar ini bergandengan tangan mencegah Satpol PP ibu-ibu ini masuk. Sejumlah karyawan Alexis juga berdemo menolak kedatangan Satpol PP.

"Kalau misalnya ini ditutup kenapa kami nggak boleh masuk?" ujar salah seorang personel Satpol PP bicara kepada pihak Alexis.

Namun, penjagaan ketat dari para petugas keamanan tersebut diluruskan oleh pihak Alexis. Legal Consultant PT Grand Ancol Hotel Lina Novita mengatakan keberadaan sekuriti Alexis justru untuk memberi keamanan kepada personel Satpol PP ibu-ibu yang hadir.

"Keberadaan sekuriti di sana justru mengamankan Satpol PP dari warga masyarakat dan eks karyawan yang sepertinya belum menerima," ungkap Lina.

Meski begitu, ibu-ibu petugas Satpol PP dapat memastikan bahwa sudah tidak ada kegiatan apapun di sana. Lima orang anggota Satpol PP Wanita pun dikerahkan untuk mengecek setiap lantai di Gedung Alexis.

"Tadi karena lift semua mati, jadi Satpol PP wanita sebanyak 5 orang menggunakan tangga darurat mulai memeriksa dari lantai 1 sampai dengan lantai 8. Dan memang kegiatan usaha mereka sudah tidak beroperasi," kata Yani.

Yani juga menuturkan pihaknya telah mendokumentasikan hasil pemeriksaan di Hotel Alexis tersebut. Selain itu, ada juga bukti berupa berita acara penutupan yang ditandatangani manajemen Alexis.

"Ya sudah dicek dan kita ada dokumentasi, semuanya, sudah dipastikan tidak beroperasi saat ini," terangnya.

Setelah melakukan pengecekan lantai per lantai, Satpol PP ibu-ibu ini juga memasang stiker dan banner pemberitahuan bahwa Alexis sudah ditutup total. Meski demikian, Yani mengatakan pihaknya akan tetap memantau situasi dan kondisi Alexis.

"Tadi sudah dipasang stiker pengumuman di kanan-kiri pintu masuk. Termasuk juga pemasangan banner pengumuman penutupan. Kemudian diakhiri dengan penandatangan berita acara penutupan yang ditandatangani oleh perwakilan dari manjemen Alexis," papar Yani.
(yas/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed