DetikNews
Jumat 30 Maret 2018, 03:35 WIB

Libur Panjang, Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Penumpang

Muhammad Iqbal - detikNews
Libur Panjang, Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Penumpang Suasana di Pelabuhan Merak. (Foto: M Iqbal-detikcom)
Cilegon - Ratusan pemumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua dan empat mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada libur panjang perayaan Paskah 2018. Kepadatan terlihat di beberapa dermaga pelabuhan.

Di dermaga I dan II, keramaian mulai terlihat sejak pukul 23.00 WIB, kendaraan roda empat atau lebih juga mulai memenuhi area parkir dermaga untuk masuk ke kapal yang akan mengantarkan mereka ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Kepadatan tidak sampai terjadi hingga ke luar area pelabuhan. Penumpukan kendaraan hanya terjadi saat ratusan kendaraan hendak menunggu antrean memasuki kapal.

Meski begitu, pihak PT ASDP Indonesia Cabang Merak sudah mengantisipasi terjadinya kepadatan tersebut dengan mengoperasikan 30 kapal Ro-ro dan 5 dermaga serta penambahan beberapa loket tiket baik penumpang maupun kendaraan.
Suasana di Pelabuhan Merak.Suasana di Pelabuhan Merak. Foto: M Iqbal-detikcom

"Prediksi peningkatan kendaraan dan penumpang antara 15 sampai 2 persen.Dengan mengoperasikan 30 unit kapal dan lima dermaga," kata Humas PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Fariz Rizki Roeswandi di Pelabuan Merak, Jumat (30/3/2018).

Pihaknya memprediksi kepadatan akan terus mengalir hingga dini hari. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/4/3018).

"Ada sekitar tujuh kapal yang di siagakan, antisipasi kapal ada yang angker," tuturnya.

Karakteristik penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, selalu menyeberang malam hingga dini hari. Mereka memilih melakukan perjalanan malam hari agar sampai di Lampung pagi hari.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed