DetikNews
Kamis 29 Maret 2018, 20:05 WIB

Jokowi: Bangsa yang Besar Tak Boleh Gentar dan Pesimis!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Bangsa yang Besar Tak Boleh Gentar dan Pesimis! Foto: Presiden memberikan kuliah umum di Unisma Malang. ( Kris/Biro Pers Setpres)
Malang - Presiden Joko Widodo berpesan bangsa Indonesia harus memiliki mental yang besar. Bangsa Indonesia juga diminta bermental pemimpin.

"Berani menghadapi tantangan dan hambatan-hambatan. Semakin besar sebuah negara, semakin besar juga tantangan yang kita hadapi. Walaupun tantangannya berat, bangsa besar tidak boleh gentar dan pesimis. Ini penting sekali," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers Setpres.


Hal tersebut dijelaskan Jokowi saat memberikan kuliah umum di Unisma, Malang, Jatim, Kamis (29/3/2018).

Jokowi memaparkan ada tantangan yang harus dihadapi bangsa untuk menjaga toleransi antarkelompok. Namun, menurutnya, masih ada juga negara yang tak mampu merawat kesatuan.

"Kenyataannya beberapa kawasan dilanda konflik, beberapa kawasan kesulitan menjaga persatuan dan kesatuannya. Beberapa negara muslim juga menghadapi kesulitan yang sama," jelasnya.


Oleh sebab itu, Jokowi menerangkan Indonesia menjadi rujukan sejumlah negara dalam hal merawat kebhinnekaan. Salah satunya adalah Afghanistan.

"Sudah dua tahun yang lalu Presiden Afghanistan meminta kepada Indonesia untuk bisa menjadi mediator bagi konflik yang ada di Afghanistan," ucap Jokowi.


(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed