Menkum HAM: Kita Harus Menangkal Bangsa Ini Bubar di 2030

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 29 Mar 2018 13:13 WIB
Menkum HAM Yasonna Laoly Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom
Jakarta - Menteri Hukum dan Ham RI Yasonna Laoly menyinggung soal adanya anggapan Indonesia bisa bubar di tahun 2030. Menurutnya seluruh anak bangsa haruslah menebar optimisme agar Indonesia jadi bangsa yang besar.

"Bangsa ini akan terus maju menjadi bangsa bangsa yang besar. Kita harus optimis tentang itu," kata Yasonna di Lapas Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (29/3/2018).


Yasonna menilai anggapan Indonesia bisa bubar di tahun 2030 tersebut sangatlah pesimistis. Dia meminta seluruh elemen bangsa ikut serta dalam pembangunan serta menjaga keutuhan NKRI.

Menkum HAM dan Menhan di Lapas Kelas 1 CipinangMenkum HAM dan Menhan di Lapas Kelas 1 Cipinang Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Sebagai anak bangsa, kita harus menangkal itu dan berupaya agar bangsa ini tidak bubar di 2030. Kata orang itu pesimisnya," ujarnya.


Yasonna menilai, akhir-akhir ini banyak upaya dari dalam maupun luar untuk memecah belah bangsa mulai dari provokasi sara, berita hoax yang tidak mendasar. Dia pun meminta agar masyarakat cerdas dan tidak mudah terprovokasi.

"Negara kita yang plural ini yang memerlukan upaya yang terus menerus menjaga bangsa ini karena ada upaya dari luar atau dalam untuk memecah kita sebagai bangsa. Akhir-akhir ini banyak orang yang tak bertanggung jawab memprovokasi SARA, dan hoax yang tidak mendasar untuk tujuan politik tertentu," jelas Yasonna. (ibh/hri)