Profil Arseto Pariadji Tersangka Hate Speech

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 29 Mar 2018 07:47 WIB
Arseto Pariadji yang kini jadi tersangka hate speech (Foto: Instagram)
Jakarta - Nama Arseto Pariadji ramai dibicarakan gara-gara pernyataannya di video soal undangan mantu Jokowi berbuntut pelaporan ke Polisi. Seperti apa sosoknya?

Dilihat dari website arsetopariadji.com yang dikutip detikcom, Kamis (29/3/2018), Arseto ditulis sebagai anak keempat dari pasangan Pariadji dan Ibu Etty Darniaty. Kakak kandungnya adalah Aristo Purboadji Pariadji yang disebutkan merupakan Anggota DPRD DKI.


Arseto menulis merupakan lulusan jurusan operasional hotel di Hotel Institute Montreaux, Swiss. Selain itu disebutkan pula Arseto merupakan master lulusan Institut Theologia Solo.

Arseto membahas soal bertemu kembali dengan sahabat saat tinggal di Malaysia. Tak dijelaskan apakah Arseto hanya tinggal atau turut menuntut ilmu di negeri Jiran itu.

Arseto menulis pula dalam website tersebut alasannya masuk ke dunia politik. Menurutnya harus ada orang yang berjuang bagi toleransi bangsa ini.

"Jawabannya ada jika ada seseorang ibu yang mempunyai anak kecil yang berasal dari suku, ras dan agama lain yang mencurahkan hati nya dan berkata kapan Indonesia bisa berubah, dan kata ibu tersebut dia tidak mempercayai hukum lagi di Indonesia, kenapa tidak ada kebenaran di Indonesia, bagaimana anak anak kecil dapat mendapat pendidikan tinggi yang baik jika keadaan politiknya terus begini?" tulis Arseto.


"Itu yang membuat menyadari harus ada seseorang yang berjuang bagi toleransi di bangsa ini," lanjutnya.

Kini Polda Metro Jaya telah menetapkan Arseto Pariadji sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech). Polisi menyebut proses hukum terhadap Arseto ini bukan atas dasar laporan dari relawan Joman (Jokowi Mania) melainkan merupakan tindak lanjut laporan salah satu lembaga keagamaan pada Senin (26/3) lalu.

[Gambas:Video 20detik]

(rna/fjp)