detikNews
Rabu 28 Maret 2018, 12:39 WIB

Jokowi: Urus Izin Masih Isi Form Berlembar-lembar, Kuno Banget!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Urus Izin Masih Isi Form Berlembar-lembar, Kuno Banget! Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan kepala daerah di JIExpo Kemayoran Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Di depan kepala daerah, Presiden Jokowi bicara soal pesatnya perkembangan zaman. Dia menyebut alangkah kunonya jika saat ini mengurus perizinan masih harus mengisi formulir berlembar-lembar.

"Kalau kita menyampaikan sesuatu kan sekarang pakai WhatsApp, kalau lebih panjang lagi pakai e-mail. Jangan-jangan ada yang surat-suratan? Ya inilah perubahan dunia. Kalau kita liburan pergi ke tempat indah pasti pegang gadget dan di-posting di Instagram," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).


Jokowi meminta kepala daerah mengaplikasikan perkembangan zaman yang ada ke tingkat birokrasi, salah satunya perizinan. Ia tidak ingin jika ada pengurusan formulir izin yang harus memakai kertas berlembar-lembar.

Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan kepala daerah di JIExpo KemayoranPresiden Jokowi memberi pemaparan soal perizinan di RI yang harus mengikuti perkembangan zaman Foto: Andhika Prasetia/detikcom

"Kalau masih izin-izin yang ada di kabupaten/kota mengisi formulir berlembar-lembar seperti ini, ceritanya kuno banget. Sudah sangat kuno sekali. Ditertawai kita nanti," paparnya.


Jokowi pun berencana akan melakukan inspeksi dadakan dalam kunjungannya ke daerah untuk melihat proses perizinan.

"Nanti saya kapan-kapan mau ngecek-ngecek lah ke kabupaten/kota. Mau saya pilah-pilah mana yang masih kuno, mana yang modern, biar ketahuan," tambah Jokowi.
(dkp/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com