DetikNews
Selasa 27 Maret 2018, 10:35 WIB

Sandi Pastikan Lulusan SMK Pariwisata Mudah Dapat Kerja

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandi Pastikan Lulusan SMK Pariwisata Mudah Dapat Kerja Foto: Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan mendorong agar siswa siswi lulusan SMK Pariwisata mudah dapat kerja. Mochammad Zhacky/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan mendorong agar siswa siswi lulusan SMK Pariwisata mudah mendapat kerja. Dia berharap kerja sama dengan PT Jakarta Tourisindo bisa membuka lapangan kerja.

Sandiaga hadiri acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara 34 SMK bidang pariwisata dengan PT Jakarta Tourisindo. Sandi juga menyerahkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada 34 kepala sekolah tersebut.


Penandatanganan PKS dan penyerahan lisensi digelar di Aula SMKN 57 Jakarta, Jalan Taman Margasatwa, Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (27/3/2018) sekitar pukul 08.45 WIB.

Sandiaga mengenakan polo shirt warna hitam, dibalut dengan jas berwarna biru dongker dan celana berwarna krem. Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto dan Dirut PT Jakarta Tourisindo Jeffrey Rantung hadir menemani Sandiaga. Hadir pula Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin.

Sandiaga menuturkan kerja sama yang dijalin antara SMK bidang pariwisata dengan PT Jaktour berguna untuk memastikan lapangan pekerjaan. Dengan adanya kerja sama tersebut paling tidak siswa-siswi lulusan SMK pariwisata dapat disalurkan ke usaha-usaha pariwisata yang berada di bawah naungan PT Jaktour.


"Nah di sini anak-anak SMK akan ada dalam golden age-nya. Lagi produktif-produktifnya, lagi lucu-lucunya, lagi rajin-rajinnya. Jadi kami akan dorong kerja sama dengan Jaktour agar bersinergi dan bisa membuka wawasan dan buka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandi dalam sambutannya.

"Oh ada pengakuan. BNSP ini kan lembaga negara, untuk memberikan pengakuan kepada institusi SMKN untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi sehingga mereka bisa mencari kerja jauh lebih mudah," terang Sandi. Foto: Mochammad Zhacky/detikcom


Begitu pula dengan pemberian lisensi dari BNSP. Sandi menjelaskan lisensi tersebut merupakan pengakuan bagi sekolah.

"Oh ada pengakuan. BNSP ini kan lembaga negara, untuk memberikan pengakuan kepada institusi SMKN untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi sehingga mereka bisa mencari kerja jauh lebih mudah," terang Sandi.

Wagub usungan Partai Gerindra dan PKS itu mendorong agar seluruh SMK pariwisata di Jakarta bekerja sama dengan PT Jaktour. Kata Sandi, ada 78 sekolah yang nantinya akan mendapatkan lisensi dari BNSP dan kerja sama dengan PT Jaktour.

"Ini baru 34, tapi seluruhnya ada 78, dan masih dalam proses. Jadi, kami akan dorong seluruh SMK pariwisata di Jakarta," ucap Sandi.
(zak/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed