Sandiaga soal Rekomendasi Ombudsman: Kami akan Pelajari

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 26 Mar 2018 20:59 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno enggan berkomentar banyak tentang rekomendasi Ombudsman RI tentang penempatan PKL di Jl Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sandiaga hanya mengatakan akan mempelajari hasil pemeriksaan lembaga pemerintah yang mengurusi masalah pelayanan publik itu.

"Nggak ada komentar tentang DKI untuk sementara," kata Sandiaga setelah menghadiri kegiatan internal Partai Gerindra di kediaman ketua umumnya Prabowo Subianto, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/3/2018).


Sandiaga sempat berlalu dari pertanyaan itu sambil berjalan ke arah mobilnya yang terparkir tepat di kediaman Prabowo. Namun dia akhirnya angkat bicara setelah wartawan berusaha menanyakan kembali.

"Kita belum terima laporannya (Ombudsman), tapi kita akan pelajari dengan baik. Terima kasih, Ombudsman," ujar dia.


Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersikap sama, enggan menanggapi secara terperinci hasil pemeriksaan Ombudsman mengenai penempatan PKL di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang. Anies mengatakan akan mempelajari laporan Ombudsman itu.

"Tentu kita hormati, karena itu kita akan pelajari dulu. Setelah... laporannya kan panjang ya, kita akan baca, kita akan pelajari," kata Anies saat dimintai tanggapan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari ini.


Sebelumnya, Ombudsman memastikan penataan PKL di Jalan Jatibaru Tanah Abang itu mengandung pelanggaran, bahkan merupakan perbuatan melawan hukum. Ombudsman memberi waktu 60 hari kepada Pemprov DKI untuk membebaskan Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, dari pedagang kaki lima.

"Evaluasi menyeluruh dan penataan ulang kawasan Tanah Abang sesuai peruntukannya agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian kata Ombudsman dalam keterangan persnya, siang tadi. (aud/jbr)