Suporter PSM Rusak Sekolah Kejuruan di Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
Senin, 26 Mar 2018 18:03 WIB
Makassar - Suporter PSM berulah anarkistis. Mereka melakukan penyerangan di SMK 10 Makassar dengan merusak bangunan dan menganiaya siswa di dalamnya.

Seluruh kaca di bangunan perpustakaan milik SMK 10 Makassar, di Jalan Bonto Manai, Tamalate, pecah akibat aksi anarkistis gerombolan suporter tersebut pada Minggu (25/3/2018) malam.

"Siswa sementara menjaga komputer UNBK, tiba-tiba ada oknum suporter PSM menyerang masuk ke sekolah kami, mereka merusak ruang perpustakaan, pot bunga, motor, dan siswa saya dipukul," kata Kepala SMK Negeri 10 Makassar, Andi Umar Patta, saat ditemui wartawan pada Senin (26/3) siang.

Belum jelas apa motif penyerangan ini. Namun oknum suporter tersebut mengaku sempat dilempari orang yang tidak diketahui.

"Datang katanya ada yang melempar, tidak tahu itu benar atau tidak, yang jelas mereka masuk dan merusak di dalam sekolah menggunakan batu, bambu, dan besi," lanjutnya.

Akibat peristiwa ini, sejumlah aktivitas belajar-mengajar di dalam sekolah ini pun terganggu, terutama dalam bidang yang berhubungan dengan perpustakaan.

"Kalau untuk kegiatan UNBK tetap jalan, kalau perpustakaan tidak sama sekali, terutama karya majalah dinding siswa kami," kata Andi Umar Patta.

Akibat penyerangan ini, pihak SMK Negeri 10 Makassar mengalami kerugian yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Pihak sekolah pun kini telah melaporkan oknum suporter pelaku penyerangan dan perusakan tersebut.

Diketahui, sebelum penyerangan ini, oknum suporter PSM Makassar tersebut tengah pawai, merayakan kemenangan Juku Eja atas tamunya, PSIS Semarang, dengan skor 2-0, di Stadion Andi Mattalata. (asp/asp)