DetikNews
Senin 26 Maret 2018, 14:59 WIB

Ketum Golkar: Probosutedjo Beri Inspirasi ke Pengusaha

Dwi Andayani, Denita Matondang - detikNews
Ketum Golkar: Probosutedjo Beri Inspirasi ke Pengusaha Probosutedjo semasa hidup / Foto: dok. ANTARA Foto
Jakarta - Pelayat terus berdatangan ke rumah duka almarhum Probosutedjo, termasuk kader-kader Golkar. Ketum Golkar, Airlangga Hartarto menyebut Probosutedjo sebagai sosok inspirator.

"Sebagai salah satu pengusaha nasional tentu memberikan inspirasi kepada banyak pengusaha-pengusaha nasional yang lebih muda. Tentu sosok beliau sebagai inspirator itu yang dikenang oleh para pengusaha," kata Airlangga di rumah duka, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).



Airlangga, yang juga Menteri Perindustrian, mengatakan saat itu tidak mudah menjadi pengusaha. Probosutedjo memberi inspirasi bagi para pengusaha.

Selain Airlangga, Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Golkar Priyo Budi Santoso juga melayat ke rumah duka Probosutedjo. Priyo punya kenangan saat dia hendak maju pemilihan Ketum Golkar.

"Ketika saya mau maju sebagai ketua umum Partai Golkar di Munas Bali, saya diterima langsung di kediaman ini dan disuguhi lumpia rebung khas Semarang," kisah Priyo.



Di mata Priyo, Probosutedjo punya komitmen kuat dalam memperjuangkan masyarakat kecil. Dia juga pernah mendapat pesan dari Probosutedjo soal Golkar.

"Jadi saya merasa kehilangan tokoh yang selama ini orang-orang masih salah mengerti. Saya melihat wajah beliau yang berseri, di usia beliau yang senja banyak mewakafkan hartanya untuk kepentingan rakyat kecil, insyallah amalnya banyak," ungkapnya.

Sosok Probosutedjo di Mata Din Syamsuddin

Ketua Wantim MUI, Din Syamsuddin juga melayat ke rumah duka Probosutedjo. Dia mengenang masa-masa Probosutedjo mendukung pengembangan Universitas Muhammadiyah Sumut.

"Saya memberikan kesaksian beliau adalah seorang pengusaha nasional yang juga menyisakan sebagian rezeki untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama dengan mendirikan Universitas Mercubuana," kenang Din.



Din menuturkan bahwa Probosutedjo memanfaatkan hartanya untuk masyarakat. Termasuk untuk pendidikan.

"Saya menyaksikan beliau sebagai orang yang kaya tetapi juga ikut memberikan hartanya sosial pendidikan dan dakwah," ucapnya.
(imk/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed