detikNews
Senin 26 Maret 2018, 14:20 WIB

Lapor SPT, Sandiaga Imbau Warga Bayar Pajak Tepat Waktu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Lapor SPT, Sandiaga Imbau Warga Bayar Pajak Tepat Waktu Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta di Kantor Pelayanan Pajak. (Fida-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melapokan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak di Kantor Pelayanan Pajak. Sandiaga mengimbau warga patuh membayar pajak.

"Insyaallah menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh warga Jakarta untuk patuh membayar pajak tepat waktu. Negeri ini membangun dan sangat membutuhkan kepatuhan warga yg memang harus bayar pajak. Bayar pajak tepat pada waktunya," kata Sandiaga di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (26/3/2018).


Sandiaga mengisi SPT pajak secara online dibantu dengan beberapa pegawai pajak di kawasan Sudirman. Sandiaga sedianya akan membayar pada Sabtu (24), tapi karena server yang terganggu di baru melapor pada hari ini.

Dia sengaja memperlihatkan pelaporan pajak ke publik. Sandiaga ingin agar warga Jakarta ikut mencontohnya.

Sandiaga mengaku pajaknya berkurang karena penghasilan yang juga menurun. Namun, dia enggan membeberkan karena terkait aturan kerahasiaan.

"(Pajak) banyak berkurang. Dibanding tahun lalu, tapi kan income juga berkurang. Tapi ada sedikit SPT yang kurang karena ada sumber dari penerimaan bukan hanya dari satu sumber, itu ada kurang bayar pajaknya. Tapi sesuai dengan kerahasiaan pajak, saya nggak boleh menceritakan," ujarnya.

Sandiaga menyebut penghasilannya banyak berkurang secara dramatis. Menjadi pejabat publik, menurut Sandiaga, tidak memberikan banyak pendapatan seperti saat menjabat sebagai pengusaha.

"Tapi sedikit membuka, penurunan cukup dramatis karena penghasilan saya sebagai pengusaha jauh lebih banyak daripada sekarang ada di pemerintahan," jelas Sandiaga.


Sandiaga menyebut pembayaran pajak ini merupakan yang kedua kalinya setelah mengikuti tax amnesty. Dia menyebut sempat membayar kekurangan pajak yang belum terbayarkan pada tahun lalu.

"Ini kedua kali setelah saya ikut program tax amnesty di mana atas dasar UU semua kita sudah menyelesaikan laporan dari segi apakah itu mengenai aset, sumber pemasukan. Jadi alhamdulillah sekarang jauh lebih cepat laporannya dan sangat," terangnya.


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com