14 Ribu Aparat Gabungan Amankan Haul Ulama di Kalsel

ADVERTISEMENT

14 Ribu Aparat Gabungan Amankan Haul Ulama di Kalsel

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 17:13 WIB
Ilustrasi pengamanan (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengatakan sebanyak 14.173 personel gabungan Polri-TNI, Pemda dan masyarakat akan mengamankan Haul ke-13 Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Diperkirakan sebanyak 1 juta umat Muslim dari berbagai penjuru negeri bahkan luar negeri akan berkumpul untuk mengenang tokoh agama yang dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul itu.

"Ada 14.173 orang petugas gabungan untuk mengamankan Haul ke-13 Guru Sekumpul dan kedatangan Presiden Joko Widodo. Terdiri dari 2.000-an lebih polisi, 100 orang TNI Kodim Martapura, 230 orang Satpol PP Kabupaten Banjar, 88 orang Dinas Perhubungan Banjar, 10.850 orang relawan, dan 583 petugas medis," kata Wakapolda Kalsel Kombes Nasri dalam keterangan tertulis Bidang Humas Polda Kalsel, Jumat (23/3/2018).



Nasri menjelaskan pengamanan untuk perayaan haul ini dimulai sejak hari ini hingga Senin (26/3) pekan depan. Nasri meminta aparat penegak hukum untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan akan ancaman kejahatan.

"Petugas harus antisipasi peningkatan kunjungan dan ada potensi kriminalitas yang bisa mengganggu acara tersebut. Maka perlu kesigapan pengamanan acara keagamaan ini," kata Nasri.

"Rangkaian haul ke-13 Guru Sekumpul dimulai pada kemarin dengan agenda pengajian rutin di Musala Ar Raudah Sekumpul. Agenda pada hari ini diisi kegiatan khusus keluarga internal di kediaman mendiang Guru Sekumpul. Selanjutnya, di hari Sabtu, kegiatan khusus alim ulama, kerabat, dan murid-murid Guru Sekumpul bertempat di kubah atau makam almarhum," jelas Nasri.

Puncak haul akan diselenggarakan Minggu malam, di mana Presiden Joko Widodo direncanakan hadir. "Puncak haul dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)," imbuh Nasri.

Nasri menerangkan acara Haul Guru Sekumpul diselenggarakan rutin setiap tahun. Dari pengalaman sebelumnya, umat Muslim dari banyak negara turut meramaikan haul ini.

"Haul yang diperingati setiap tahun selalu didatangi umat Muslim yang datang dari luar daerah. Bahkan luar negeri seperti Arab Saudi, Turki, Mesir, Pakistan, Malaysia, Singapura, Brunei, serta muslim dari Ambon hingga Aceh juga pernah datang ke haul ulama kharismatik ini," terang Nasri.



Selain berpartisipasi mengamankan kegiatan, Polri juga menyumbangkan dua sapi untuk keperluan haul. Sapi tersebut disumbangkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana kepada perwakilan keluarga almarhum Guru Sekumpul di Musala Ar Raudah, Jalan Sekumpul, Kota Martapura, hari ini.

"Ini inisiatif dari Kapolri dan Kapolda Kalsel dengan menyerahkan infaq berupa satu ekor sapi dari bapak Kapolri dan satu ekor sapi dari Kapolda kepada keluarga dalam rangka haul ke-13 Guru Sukumpul," tutur Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifai.

Terakhir, ditambahkan Rifai, Polda Kalsel mengerahkan kendaraan taktis baracuda yang disulap menjadi tempat untuk wudhu. Lalu lima water canon disiapkan untuk membantu jemaah yang akan solat dalam acara haul. (rvk/rvk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT