DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 14:52 WIB

Tisan Mengaku Aman Makan Ikan dari Kali BKT Marunda yang Berbusa

Eva Safitri - detikNews
Tisan Mengaku Aman Makan Ikan dari Kali BKT Marunda yang Berbusa Foto: Tisan sedang menunggu jala ikan di Kali BKT Marunda (Eva Safitri)
Jakarta - Busa di kali Banjir Kanal Timur (BKT) Marunda, Jakarta Utara, tidak membuat ikan-ikan mati. Salah satu warga sekitar mengaku tidak pernah mengalami masalah kesehatan meski mengonsumsi ikan tersebut.

Salah satu warga, Tisan (67), setiap hari memancing ikan di kali BKT Marunda. Selain menjual, Tisan juga mengaku mengonsumsi ikan hasil tangkapannya dari kali tersebut.

"Saya juga pernah makan, enak kok ikannya, gurih. Nggak bosen makannya," kata Tisan kepada detikcom saat ditemui di lokasi, Jumat (23/3/2018).

Busa Penuhi Pintu Air BKT Marunda Jakarta UtaraBusa Penuhi Pintu Air BKT Marunda Jakarta Utara Foto: Eva Safitri/detikcom

Tisan mengaku memancing ikan dalam kondisi kali berbusa bukan kali ini saja. Dia mengaku sehat-sehat saja setelah memakan ikan itu.


"Enggak kok, nggak ada apa-apa," imbuhnya.

Tisan memancing ikan dengan jala. Menurutnya, dalam kondisi kali berbusa, lebih efektif menggunakan jala dibanding dengan pancing.

"Kalau lagi berbusa kan enggak kelihatan, makanya pakai jala," lanjutnya.

Ikan di sana cukup banyak. Kalau lagi beruntung, Tisan bisa mendapat ikan hingga berkilo-kilo.


"Kalau dapet banyak mah dijual. Bisa sampai 3 kilogram," kata dia.

Tisan juga mengaku pernah menceburkan diri ke kali BKT dalam kondisi dipenuhi busa. Dia mengaku busa itu tidak mempengaruhi kesehatannya.

"Saya malah pernah nyelem ke situ kayak di salju, nggak ada ngaruh apa-apa di badan," ujarnya.
(mei/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed