DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 14:43 WIB

Curhat Jokowi, Gelisah Sudah Tak Ada Film dan Lagu Anak

Ray Jordan - detikNews
Curhat Jokowi, Gelisah Sudah Tak Ada Film dan Lagu Anak Presiden Jokowi di Istana Foto: Rengga Sancaya/detikFoto
Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bersama seniman Mira Lesmana menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengungkapkan kegelisahannya soal film dan lagu anak Indonesia.

Pertemuan tersebut berlangsung usai Jokowi menerima pesepakbola Egy Maulana Vikri dan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi di Istana Merdeka, Jakarta. Triawan dan Mira juga bertemu Jokowi di Istana Merdeka.

"Bapak Presiden sudah dua kali telepon saya, kegelisahan beliau tentang kok nggak ada film anak, kok nggak ada lagu anak. Padahal film nasional lagi naik," kata Triawan usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).


Triawan mengatakan, hanya ada sekitar 3 film anak yang diproduksi di Indonesia. Dia ingat, pada tahun 2000, Mira Lesmana menghidupkan kembali gairah lagu dan film anak lewat film 'Petualangan Sherina'. Untuk itu, rencananya Mira akan didorong untuk kembali meggairahkan lagu dan film anak Indonesia.

"Jadi kita menghidupkan lagi dengan orang yang berkompeten. Tapi saya nggak ikut bisnisnya, tapi memberikan dukungan sepenuhnya," kata Triawan.

Triawan juga mengatakan, Presiden Jokowi memberikan dukungan penuh terhadap niat tersebut. Bahkan rencananya Jokowi juga akan menyaksikan langsung proses syuting yang akan dilakukan.


"Bapak Presiden juga memberikan dukungan sepenuhnya. Malah nanti beliau akan ada waktu untuk menengok syuting ini di satu daerah. Karena ini jalan shootingnya ya, di pulau Jawa. Marsha Timoty, Mimi, Lili Latisha bertiga naik mobil dari Jakarta ke Banyuwangi 1.025 km. Film ini ya. Untuk itu, untuk ada kaitannya sama lagu kita akan bikin lomba cipta lagu anak, yang diikuti oleh dewasa tentunya. Kan anak-anak nggak bisa bikin lagu. Jadi dewasa yang bikin lagunya," jelas Triawan.

Sementara itu, Mira Lesamana mengatakan, film yang akan diproduksi nanti memiliki tema yang bagus untuk anak-anak, yakni mencintai indahnya alam Indonesia dan menghargai bahasa Indonesia.

"Ada unsur persahabatan dan kekeluargaan. Jadi tema-tema itu yang nanti kita akan ajak masyarakat untuk ikut serta dan membuat sebuah lagu yang kemudian akan kita bikinkan sebuah kompilasi semacam album soundtrack lima finalis yang kemudian juga akan kita promosikan gratis kepada masyarakat untuk mendengarkan dan memilih mereka. Selain ada juri yang akan memilih pemenang utamanya. Kurang lebih seperti itu. Nanti akan diperform oleh dua pemain ini dalam malam gala premier," jelas Mira Lesmana.
(rjo/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed