Ditanya Siapa Pemesan MCA, Kabareskrim: Saya Belum Bisa Buka

Ditanya Siapa Pemesan MCA, Kabareskrim: Saya Belum Bisa Buka

Denita Br Matondang - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 14:05 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono (Ari Saputra/detikFoto)
Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono (Ari Saputra/detikFoto)
Jakarta - Kepala Bareskrim Polri Komjen Ari Dono belum bisa mengungkap siapa pemesan hoax yang disebarkan kelompok MCA. Ia menegaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam.

"Saya belum bisa buka (pemesan MCA)," kata Ari di gedung KKP, Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018).

Ari mengatakan pihaknya masih mendalami peran 7 anggota MCA yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Tara Arsih Wijayani (40), Ronny Sutrisno (40), Yuspiadin (25), Ramdani Saputra (39), Rizki Surya Darma (35), Muhammad Luth (40), dan Bobby Siregar ( 35).


Jejak komunikasi para tersangka terus ditelusuri untuk mengetahui siapa pemesan mereka. Dari penyelidikan itulah nanti Bareskrim menyimpulkan siapa pemesan serta perbuatan pidana para tersangka.

"Kalau berkas perkara dari perbuatan yang ada nanti kita simpulkan perbuatan apa di situ. Kemudian pengembangannya kalau masih ada komunikasi dari jejak komunikasi di medsos itu yang kami telusuri, mengarah ke mana, berkembang lagi nggak," ucap Ari.


Selain itu, ditambahkan Ari, penyebaran hoax yang dilakukan kelompok MCA ini menyebabkan dampak domino bagi netizen. Baik yang ikut memviralkan hoax MCA maupun sekadar membaca hoax MCA. Pihaknya pun ikut mengkaji hal ini.

"Umpannya dari A ke B, hidup nggak, kalau hanya satu kali berarti hanya lemparan saja. Tetapi kalau satu kalau kemudian hidup, ada baliknya lagi nggak? Sehingga ini apa yang kita kaji apakah satu perbuatan yang saling mempengaruhi," ucap Ari. (hri/hri)