DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 09:54 WIB

Diduga Tak Netral, Plt Bupati Indragiri Hilir Dipanggil Bawaslu

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Diduga Tak Netral, Plt Bupati Indragiri Hilir Dipanggil Bawaslu Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Rudyanto dilaporkan masyarakat setempat terkait ketidaknetralan dalam pelaksanaan Pilkada. Karenanya Bawaslu Riau telah berkirim surat ke Rudyanto untuk dimintai keterangan.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Lubis mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Jumat (23/3/2018). Rusidi menjelaskan, surat pemanggilan itu dilayangkan pada 22 Maret 2018.

Pemanggilan terhadap Rudyanto ini, kata Rusidi, adanya laporan masyarakat atas dugaan pelanggaran netralitas sebagai ASN. Plt Bupati Inhil ini, diminta hadir untuk memberikan keterangan pada Senin (26/3/2018) pekan depan di Kantor Bawaslu di Pekanbaru.

"Nanti tim divisi penindakan pelanggaran Bawaslu Riau yang akan memintai keterangan terkait tidak netral sebagai ASN," kata Rusidi.

Rusidi menyebutkan, bahwa Plt Bupati Inhil ini dilaporkan warga tidak netral diduga memberikan dukungan pada salah satu kandidat Gubernur Riau.

"Jadi dia (Rudyanto) dilaporkan masyarakat memberikan dukungan pada salah satu calon Gubernur Riau," kata Rusidi tanpa menjelaskan nama paslon Cagub Riau.

Tak hanya itu saja, sambung Rusidi, Plt ini juga tidak netral dalam pelaksanaan pemilihan Bupati Inhil. Rudyanto dilaporkan juga memihak pada salah satu Paslon Bupati Inhil.

"Plt Bupati Inhil ini mendukung pertemuan 4 Kades untuk pemenangan salah satu calon Gubernur Riau. Tahap awal kita panggil dulu Plt Bupati Inhil, selanjutnya 4 Kades tadi," tutup Rusidi.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed