DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 08:07 WIB

Angle Foto Bikin King Cobra di Kalimantan Terlihat 'Raksasa'

Niken Purnamasari - detikNews
Angle Foto Bikin King Cobra di Kalimantan Terlihat Raksasa Ular king cobra yang sedang viral (Dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)
Jakarta - Postingan foto ular king cobra membuat heboh media sosial. Bagaimana tidak, ular di foto tersebut berukuran 'raksasa'.

Kepala Laboratorium Herpetologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy, mengatakan kemungkinan ular itu berukuran empat meter. Namun karena ada sudut pengambilan gambar (angle) yang berbeda pada foto tertentu menyebabkan ular terlihat besar.



"Itu paling empat meter. Sebenarnya wajar ukuran segitu. Untuk ukuran king cobra karena ukuran yang besar lagi untuk king cobra enam meter itu ada recordnya. Ukuran di atas empat meter itu termasuk besar," ujar Amir kepada detikcom, Kamis (22/3/2018).

Angle Foto Bikin King Cobra di Kalimantan Terlihat 'Raksasa'Ular king cobra yang sedang viral (Dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)


"Dari sisi sekian foto, ada dua sisi angle pengambilannya membuat hewan itu seakan lebih besar dari manusia. Jadi wajar permainan angle, permainan perspektif," lanjutnya.



Amir juga mengatakan, king cobra termasuk spesies ular berbisa terpanjang di dunia. Ular ini tergolong berbahaya karena memiliki bisa mematikan.

"Dia kebanyakan mangsanya ular dan sebagai ular berbisa terpanjang di dunia. Kalau di hutan dia memangsa ular lain seperti piton," kata Amir.


(nkn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed