DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 22:18 WIB

Soal Swastanisasi Air, Anies: Kita Akan Laksanakan Putusan MA

Indra Komara - detikNews
Soal Swastanisasi Air, Anies: Kita Akan Laksanakan Putusan MA Gubernur DKI Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siang tadi menerima perwakilan pendemo dari Koalisi Masyarakat Menolak Swastanisasi Air Jakarta (KMMSAJ). Dalam pertemuan itu, Arif Maulana, salah satu perwakilan KMMSAJ, meminta Anies menghentikan swastanisasi air.

"Sudah (bertemu pendemo), mereka mengharapkan agar amanat putusan MA dilaksanakan," kata Anies di Hotel Kempinski, Jl MH Thamrin No 01, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Mendengar permintaan pendemo, Anies pun menegaskan akan berupaya memenuhi tuntutan KMMSAJ. Anies mengatakan akan melaksanakan putusan MA tersebut, yang salah satu isinya menyetop swastanisasi air dan meminta pengelolaan air di Jakarta sesuai dengan konvensi internasional dan UU Nomor 11 Tahun 2015.

"Dan kita akan laksanakan (putusan MA)," ujar Anies.

Saat ditanya mengenai teknis pelaksanaannya, ia mengaku ada tim yang akan memprosesnya.

"Ya, nanti ada tim yang akan kerjain itu," imbuh Anies.

Sebelumnya, massa dari KMMSAJ menggelar aksi di depan Balai Kota Jakarta. Massa menuntut Pemprov DKI menyediakan air bersih bagi masyarakat DKI.

"Kita sudah menangin gugatan. Kita minta Pemprov, segera air dikembalikan pada PAM, sampai saat ini belum dijalanin. Ini kan Hari Air Sedunia, masyarakat masih kesulitan air bersih. Pemda harus menjalankan putusan Mahkamah Agung. Pengelolaan air dikembalikan kepada PAM, melibatkan laki-laki dan perempuan," kata Erna, salah satu orator, di depan Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, siang tadi.
(idn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed