DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 18:57 WIB

Bantah Prabowo, Ma'ruf Amin: Indonesia Makin Kuat di 2030

Andhika Prasetia - detikNews
Bantah Prabowo, Maruf Amin: Indonesia Makin Kuat di 2030 KH Ma'ruf Amin (Andhika/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin tak sepakat dengan pidato Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia akan bubar tahun 2030. Ma'ruf justru berpandangan sebaliknya, Indonesia makin kuat dan dicontoh oleh berbagai negara.

"Indonesia makin kuat. Kebangsaannya makin utuh," ujar Ma'ruf di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

"Model kita membangun negara itu walaupun tingkat kemajemukannya tinggi, tingkat perbedaan agamanya tinggi, kita punya landasan yang kuat," tambah Ma'ruf.


Ma'ruf juga menjelaskan segala elemen sudah berkomitmen menjaga keutuhan Indonesia. Ma'ruf malah mempertanyakan jika ada yang menyebut Indonesia akan bubar.

"Semua ini melakukan penguatan terhadap keutuhan bangsa ini. Jadi kalau orang mengatakan Indonesia bubar itu dari mana tandanya? Justru makin kuat. Orang lain ingin meniru kayak Indonesia," sebutnya.


Pidato Prabowo itu menjadi kontroversi karena Prabowo mengutipnya dari novel berjudul 'Ghost Fleet'. Prabowo sebelumnya menanggapi soal apakah dasar kutipan itu fiksi atau kajian ilmiah.

"Begini ya, jadi di luar negeri ada namanya scenario writing. Memang bentuknya mungkin novel, tapi yang nulis adalah ahli-ahli intelijen strategis," kata Prabowo saat ditanya wartawan di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, Kamis (22/3).

Prabowo menegaskan ramalan itu didasari tulisan dari luar negeri. Menurutnya, ramalan 'Indonesia Bubar Tahun 2030' sudah menjadi pembicaraan di luar negeri.
(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed