Sidang Setya Novanto

Novanto: Keluarga Made Oka Dekat dengan Keluarga Sukarno

Faiq Hidayat, Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 13:51 WIB
Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto menyebut Made Oka Masagung dekat dengan keluarga Sukarno. Made Oka--dalam surat dakwaan Novanto--disebut sebagai orang dekat Novanto yang juga mengalirkan uang proyek e-KTP padanya.

Hal itu disampaikan Novanto ketika ditanya jaksa KPK tentang peran Pramono Anung dan Puan Maharani. Sebelumnya Novanto menyebut Pramono dan Puan menerima duit e-KTP berdasarkan keterangan Made Oka padanya.

[Gambas:Video 20detik]




"Kenapa Oka sampaikan ke bapak soal Puan dan Pramono?" tanya jaksa KPK Wawan pada Novanto ketika menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

"Menurut saya, Oka kedekatan sejarahnya, kedekatannya dengan keluarga Sukarno dengan keluarga Oka sudah dekat lama," jawab Novanto.

Tentang hubungan keluarga Made Oka dengan Sukarno diamini pula oleh Pramono. Dia pun mengaku kenal dengan Made Oka.


"Saya (dengan) Made Oka kenal, Andi (Narogong) tidak," kata Pramono di Istana Negara.

"Keluarga (Made Oka) Masagung ini keluarga dekat dengan Bung Karno, jadi kita terus terang saya paling dekat dengan kakaknya, Putra. Nah Oka begitu saja, tapi dengan Putra saya sangat kenal," imbuh Pramono.

Namun, Pramono membantah menerima USD 500 ribu seperti disampaikan Novanto dalam sidang. Pramono pun siap dikonfrontasi dengan siapa saja berkaitan dengan tudingan Novanto itu.

(dhn/van)