Sidang Setya Novanto

Jaksa Tanya Novanto: Apa Peran Pramono-Puan di Proyek e-KTP?

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 13:39 WIB
Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto menyebut uang e-KTP yang mengalir ke Puan Maharani dan Pramono Anung berasal dari orang kepercayaannya, Made Oka Masagung. Namun Novanto mengaku tidak tahu apa peran Pramono dan Puan sehingga disebut mendapat duit e-KTP.

"Kenapa Oka sampaikan ke Bapak soal Puan dan Pramono?" tanya jaksa KPK Wawan kepada Novanto ketika menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]


"Menurut saya, Oka kedekatan sejarahnya, kedekatannya dengan keluarga Sukarno dengan keluarga Oka sudah dekat lama," jawab Novanto.


Jaksa masih heran atas jawaban Novanto. Saat proyek e-KTP bergulir, Puan menjabat Ketua Fraksi PDIP, sedangkan Pramono adalah Wakil Ketua DPR.

"Apakah ada peran Pramono dan Puan untuk perlancar proyek e-KTP?" tanya jaksa.

"Saya mohon maaf nggak ketahui," ujar Novanto.

Sebelumnya, Novanto menyebut uang proyek e-KTP juga mengalir ke Puan Maharani dan Pramono Anung. Keduanya disebut Novanto menerima masing-masing USD 500 ribu.


Novanto menyebut uang untuk Puan dan Pramono diberikan oleh orang kepercayaannya, Made Oka Masagung. Hal itu diketahui Novanto dari Made dan Andi Agustinus alias Andi Narogong yang menceritakan itu ketika berkunjung ke kediamannya.

Dalam perkara ini, Novanto didakwa melakukan intervensi dalam proses penganggaran dan pengadaan barang/jasa proyek e-KTP. Novanto juga didakwa menerima USD 7,3 juta melalui keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, dan orang kepercayaannya, Made Oka Masagung. (fai/dhn)