DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 13:08 WIB

Hiii... 14 Boks Isi Ribuan Tikus Mati Diamankan di Gorontalo

Ajis Halid - detikNews
Hiii... 14 Boks Isi Ribuan Tikus Mati Diamankan di Gorontalo
Gorontalo - Sebanyak 14 boks berisi tikus mati asal Luwuk Bangai, Sulawesi Tengah, diamankan tim gabungan Polsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo (KPG), TNI, dan Dinas Perhubungan. Boks diamankan saat tiba di pelabuhan penyeberangan feri Kota Gorontalo.

Menurut Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, 14 boks tikus tanpa surat izin itu dari karantina hewan dan rencananya akan dibawa ke Pasar Tomohon, Sulawesi Utara. Pemesannya langsung oleh salah satu warga yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Ibu S sebagai penampung yang berada di Pasar Tomohon, Sulawesi Utara. Tikus tersebut awalnya ditampung oleh salah seorang warga Luwuk. Selanjutnya dibawa dengan kapal feri ke Gorontalo. Saat masuk Gorontalo, kita curiga dengan belasan boks tersebut," ucap Wahyu kepada detikcom, Kamis (22/3/2018).

Ribuan ekor tikus ini dibawa menggunakan sebuah mobil pikap sewaan dengan nomor polisi DM-8069-AE. David Mailake (38), yang membawa tikus tersebut, menyatakan ribuan tikus itu merupakan pesanan salah satu penjual yang ada di Pasar Tomohon.

"Saya baru pertama kali mengantar pesanan tikus ini. Saya hanya diperintahkan untuk mengantar tikus-tikus tersebut kepada salah satu warga di Manado atas nama Sandra, dan rencananya akan dijual di Pasar Tomohon," jelas David.

Dalam 1 boks berisi 80 ekor, jadi jumlah keseluruhan 1.120 ekor. Per ekor tikus akan dibayar oleh ibu S seharga Rp 10 ribu.

Selanjutnya pemilik tikus beserta barang bukti dan kendaraan tersebut diserahkan ke Polsek KPG untuk diselidiki lebih lanjut.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed