DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 05:55 WIB

Lapas Jambi Banjir akibat Hujan Deras, 26 Narapidana Diungsikan

Ferdi Almunanda - detikNews
Lapas Jambi Banjir akibat Hujan Deras, 26 Narapidana Diungsikan Foto: Lapas Jambi kebanjiran. (Ferdi Almunanda/detikcom).
Jambi - Hujan deras yang melanda Provinsi Jambi dua hari terakhir membuat sebagian wilayah di Kota Jambi tergenang banjir. Termasuk Lapas Jambi yang tergenang air hingga mencapai 50 Cm.

Selain permukiman, banjir juga melanda Lapas Klas II A Jambi. Akibat banjir tersebut, sebanyak dua blok tahanan lapas terpaksa diungsikan ke blok yang lebih tinggi dan terhindar dari genangan air.

Lapas Jambi Banjir akibat Hujan Deras, 26 Narapidana DiungsikanFoto: Lapas Jambi kebanjiran. (Ferdi Almunanda/detikcom).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Bambang Palasara mengatakan banjir itu disebabkan akibat daya tampung drainase di sekitar Lapas yang tak mampu menampung tingginya volume air hujan yang saat itu deras. Hujan deras melanda Jambi dari Rabu (21/3) malam hingga dini hari tadi.


"Sebenarnya banjir ini sudah sering terjadi, di dalam lapas, karena drainase yang ada di lapas ini kecil, jadi jika hujan sudah deras, lapas sudah digenangi banjir. Apalagi pintu pembuangan air yang ada di arah pintu keluar juga sangat kecil makanya banjir sudah jadi langganan kalau hujan deras," ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (22/3/2018).

Banjir kali ini tidak menyebabkan kerusakan fasilitas Lapas Jambi. Karena banjir yang terjadi tidak separah banjir pada tahun lalu yang mengakibatkan dinding lapas jebol.

"Banjir kali ini tidak begitu parah seperti tahun lalu, karena hujannya juga tidak begitu lama dan sudah mulai reda, jadi genangan air yang tadi tinggi di dalam lapas sudah sedikit demi sedikit berangsur surut," terang Bambang.

Lapas Jambi Banjir akibat Hujan Deras, 26 Narapidana DiungsikanFoto: Lapas Jambi kebanjiran. (Ferdi Almunanda/detikcom).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, ada sebanyak 26 narapidana diungsikan ke blok tahanan lain yang lebih tinggi. Sebanyak 26 narapidana itu terdiri dari 20 napi di Blok A narkoba, dan 6 napi di Blok Strapsel.

Namun bila banjir sudah mulai surut, maka napi yang telah ungsikan tadi akan segera dikembalikan lagi ke blok nya masing-masing. Itu agar tidak terjadi dampak negatif akibat over kapasitas lapas.


"Jadi kalau banjir ini sudah mulai surut, maka napi yang kita ungsikan tadi secepatnya kita kembalikan lagi ke bloknya masing-masing, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan," ungkap Bambang.

Selain kerap dilanda banjir, Lapas Klas II A Jambi diketahui memang telah melebihi kapasitas. Penghuni lapas saat ini sudah mencapai seribu orang lebih, padahal daya tampung penjara tak sampai 700 orang.

Saat banjir terjadi, puluhan petugas kepolisian dari Polresta Jambi juga turut dikerahkan membantu evakuasi napi. Polisi juga ikut menjaga di area luar lapas.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed