DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 21:15 WIB

Tampik Prabowo, Din Syamsuddin: Insyaallah Indonesia Tak Bubar

Denita Matondang - detikNews
Tampik Prabowo, Din Syamsuddin: Insyaallah Indonesia Tak Bubar Din Syamsuddin (Sams/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin menampik pernyataan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang menyebut Indonesia akan bubar. Dia tidak setuju dengan mantan Danjen Kopassus itu.

"Saya tidak sepakat karena saya berkeyakinan insyaallah Indonesia tidak bubar," kata Din di gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Namun dia menilai memang saat ini di Indonesia telah muncul indikator yang dapat meruntuhkan negara. Beberapa indikasi itu antara lain tidak meratanya strata ekonomi masyarakat hingga persebaran aset nasional yang kerap kali terpusat di daerah-daerah tertentu.


"Bahwa ada variabel-variabel dari negara gagal itu sudah ada di Indonesia. Salah satu dari indikator negara gagal itu adalah adanya keganjilan dalam persebaran kekayaan nasional atau aset nasional atau tidak adanya pemerataan," ungkap Din.

Meski demikian jika ditinjau dari variabel lain, menurutnya, Indonesia tidak masuk dalam kategori negara gagal. Karena itu, Din tidak setuju dengan pendapat Prabowo yang menyebut pada 2030 negara ini akan bubar.

"Indonesia masuk dalam kategori itu, tapi dalam hal-hal lain nggaklah. Saya tidak sepakat karena saya berkeyakinan insyaallah Indonesia tidak bubar," tegasnya.


Mantan Ketua umum PP Muhammadiyah ini juga mempertanyakan alasan Prabowo mengeluarkan pendapat tersebut. Pasalnya, banyak pihak yang tidak berpikir demikian.

"Selama ada anak-anak bangsa yang punya komitmen kepada Indonesia, kita yakin Indonesia tidak bubar dan tidak boleh bubar. Bahwa ada kekurangan, itu yang harus kita isi," pungkas Din.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed