ADVERTISEMENT

Paus Sperma yang Terdampar di Bengkulu Sudah Sepekan Mati

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 21 Mar 2018 16:55 WIB
Foto: Paus sperma terdampar di pantai Bengkulu (dok BKSDA Bengkulu)
Kaur - Seekor paus sperma sepanjang 12,5 meter terdampar di pantai wilayah Kabupaten Kaur, Bengkulu. Paus yang terdampar dalam kondisi mati ini kemungkinan akan dikubur atau dibakar.

Paus ini ditemukan nelayan terdampar di Desa Pagubayan, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, pagi tadi pukul 04.00 WIB. Banyak warga yang berkumpul di lokasi karena penasaran.


Pihak BKSDA Bengkulu sudah datang ke lokasi melakukan pemantauan siang tadi. Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Seluma BKSDA Bengkulu, Darwis Saragih, mengatakan kondisi paus sperma ini sudah membusuk.

"Ini paus jenis sperma dengan panjang 12,5 meter dan berat diperkirakan 4 ton lebih, terdampar dalam keadaan mati," kata Darwis saat dihubungi detikcom, Rabu (21/3/2018).

"Paus ini diperkirakan sudah satu minggu mati," sambungnya.

Menurut Darwis, lokasi terdamparnya paus sperma ini sudah dijaga ketat oleh pihak TNI-Polri, Dinas DKP, dan pemerintah setempat. Karena sudah bau busuk, paus sperma ini kemungkinan akan dikubur atau dibakar.


"Saat ini kondisinya sudah membusuk. Kemungkinan dikubur atau dibakar," ujarnya.

Sebelumnya, seekor paus sperma juga terdampar dalam kondisi mati di pantai wilayah Kabupaten Buleleng, Bali, Senin (19/3). Paus ini panjangnya sekitar 15 meter dan berbobot sekitar 10 ton. (hri/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT