DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 16:30 WIB

Bandung Banjir, BNPB Soroti Tak Adanya BPBD

Fajar Pratama - detikNews
Bandung Banjir, BNPB Soroti Tak Adanya BPBD Banjir di Antapani, Kota Bandung/Foto: dok.Polsek Antapani
Bandung - Banjir melanda sejumlah titik di Kota dan Kabupaten Bandung. Khusus untuk Kota Bandung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyoroti tak adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah itu.

"Potensi bencana di Kota Bandung meningkat. Banjir terjadi setiap tahun. Potensi gempa juga besar baik dari sumber gempa di darat dan di Samudera Hindia. Tapi Kota Bandung belum membentuk BPBD," ujar Kepala Humas dan Informasi BNPB Sutopo Purwo dalam keterangannya, Rabu (21/3/2018).

Menurut Sutopo, BPBD memiliki peran yang cukup penting. Ada fungsi koordinasi yang melekat sehingga memudahkan dalam penanggulangan bencana.

"Sebagai lembaga yang memiliki fungsi koordinasi, komando, pelaksana penanggulangan bencana," ujar Sutopo.



Banjir di Kota Bandung antara lain terjadi di sungai Cipamokolan, Antapani. Ada mobil yang hanyut terbawa aliran air.

Walikota Bandung nonaktif Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan wilayah yang dipimpinnya itu memang tidak memiliki rencana membentuk BPBD. Dia memilih melatih relawan.

"Sekitar 15-20 ribu relawan sudah dilatih oleh Damkar (DPPK). Nanti dinasnya akan berganti nama menjadi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana. Kita enggak pakai BPBD untuk penanganan bencana," ujar Emil, sapaan karib Ridwan usai mengisi acara di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Selasa (20/9/2016) silam.
(fjp/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed