DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 14:53 WIB

Bicara Indonesia Bubar 2030 di UI, Prabowo Kutip Novel Fiksi

Indah Mutiara Kami - detikNews
Bicara Indonesia Bubar 2030 di UI, Prabowo Kutip Novel Fiksi Foto: Dok Facebook Prabowo Subianto
Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto sudah beberapa kali bicara soal 'Indonesia bubar 2030'. Salah satunya saat mengutip novel fiksi di Universitas Indonesia.

Prabowo bicara soal 'Indonesia bubar 2030' di UI ketika menghadiri peresmian dan bedah buku 'Nasionalisme Sosialisme dan Pragmatisme Pemikiran Ekonomi Politik Soemitro Djojohadikusumo' pada 18 September 2017. Acara diadakan di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok.


Video sambutan Prabowo di acara tersebut diunggah di akun YouTube Gerindra TV. Prabowo memberi sambutan sekaligus memaparkan presentasi selama 39 menit.

Pada awal sambutannya, Prabowo bicara tentang peran kampus-kampus terkemuka untuk mengajarkan kebenaran. Mantan Danjen Kopassus ini juga mengaku grogi bicara di depan akademisi. Namun dia tetap blak-blakan.

"Kalau yang undang saya, harus tahu risikonya bahwa Prabowo akan bicara mungkin nggak enak," ucap Prabowo.

Sebelum memulai presentasi, Prabowo menunjukkan 3 buku yang dia bawa sebagai oleh-oleh untuk FEB UI. Buku pertama berjudul 'Destined for War: Can America and China Escape Thucydides's Trap?', sedangkan buku kedua berjudul 'War by Other Means: Geoeconomics and Statecraft'.

"Kira-kira ini relevan dan ini akan saya tinggalkan untuk FEB UI," kata Prabowo.


Dia lalu mengeluarkan buku ketiga, yaitu novel yang berjudul 'Ghost Fleet'. Prabowo lalu mengungkap isi novel tersebut, salah satunya ramalan soal Indonesia pada 2030.

"'Ghost Fleet' ini novel, tapi ditulis 2 ahli strategi dari Amerika, menggambarkan sebuah skenario perang antara China dan Amerika tahun 2030. Yang menarik dari sini bagi kita hanya 1. Mereka ramalkan tahun 2030, Republik Indonesia sudah tidak ada lagi," ungkap Prabowo.

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed