Sederet Negara yang Sudah Bubar di Dunia

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 21 Mar 2018 12:32 WIB
Peta Uni Soviet sebelum terpecah. (Foto: Wikimedia Commons)
Jakarta - Penggalan pidato Prabowo Subianto yang mengutip kajian 'Indonesia bubar tahun 2030' menuai kontroversi. Sebelum penggalan pidato tersebut viral, sebenarnya ada negara-negara yang sudah bubar.

"Uni Soviet bubar, tetapi negara-negara yang ada di Uni Soviet tetap eksis, hanya mereka berdiri sendiri tak dalam serikat tapi dengan negara sendiri-sendiri, seperti Ukraina, Georgia, Rusia sendiri tetap negara, tapi bukan berbentuk Uni," kata pakar hukum tata negara Refly Harun saat berbincang dengan detikcom, Rabu (21/3/2018).



Sebuah negara menyatakan diri bubar tak melulu karena pemisahan wilayah. Guru besar hukum internasional UI Prof Hikmahanto Juwana menjelaskan ada pula faktor penggabungan wilayah.

"Bisa saja kedaulatan negara hilang apabila negara-negara bergabung menjadi satu. Semisal suatu hari nanti muncul negara The United States of Europe, maka kedaulatan Jerman, Prancis, dan lain-lain akan hilang dan negara tersebut menjadi negara bagian yang tidak punya kedaulatan, seperti negara bagian di Amerika Serikat," papar Hikmahanto.



Berikut ini sederet negara yang bubar karena pemisahan atau penggabungan wilayah:

1. Uni Soviet

Uni Soviet terbentuk setelah revolusi 1917 yang dipimpin oleh Vladimir Lenin. Wilayah negara ini amat luas yang bahkan bisa dibilang hampir separuh wilayah daratan planet bumi. Namun akhirnya Uni Soviet bubar dan pecah menjadi beberapa negara pada 1991 di bawah kepemimpinan Mikhail Gorbachev.

2. Republik Federal Sosialis Yugoslavia

Republik Federal Sosialis Yugoslavia didirikan pada 1943. Sebelumnya wilayah ini sempat berbentuk kerajaan pada 1918-1943. Wilayah negara ini mencakup Serbia, Montenegro, Slovenia, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Makedonia, serta dua daerah otonomi khusus, Kosovo dan Vojvodina.

Sepeninggal Joseph Bros Tito pada 1980 atau sejak awal 1990-an, tanda-tanda bubarnya negara ini sudah mulai terlihat. Akhirnya negara-negara bagian di wilayah ini memisahkan diri satu per satu.

3. Cekoslovakia

Cekoslovakia (atau Cekoslowakia) berdiri pada 1918 tapi sempat diduduki oleh Jerman pada 1939. Negara ini kemudian menjadi negara satelit Uni Soviet hingga 1991. Pascabubarnya Uni Soviet, Cekoslovakia juga pecah menjadi 2 negara, yaitu Republik Ceko dan Slovakia.

4. Vietnam Selatan

Peta Vietnam Selatan. Peta Vietnam Selatan. (Foto: Wikimedia Commons)


Keberadaan negara terbentuk pada 1954 setelah muncul ide membiarkan komunis di Vietnam bagian utara dan demokrasi berada di Vietnam Selatan.

5. Jerman Timur

Negara ini awalnya dikuasai oleh Uni Soviet dan dibatasi oleh tembok Berlin dengan Jerman Barat. Seiring runtuhnya tembok Berlin pada 1990, Jerman Timur pun bubar.

6. Republik Arab Bersatu/Republik Uni Arab
Selanjutnya
Halaman
1 2