DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 21:30 WIB

Tim Gubernur Sangkal Gantikan Fungsi SKPD DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tim Gubernur Sangkal Gantikan Fungsi SKPD DKI Ketua TGUPP Anies-Sandi, Amin Subekti (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Amin Subekti menegaskan timnya bukan menggantikan fungsi satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Amin mengatakan secara umum Tim Gubernur bertugas menjadi pemberi nasihat kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dalam mengeksekusi kebijakan.

"TGUPP bukan dan tidak dimaksudkan untuk menjadi dan menggantikan SKPD. Kita adalah perangkat gubernur yang memberikan advice. Bahwa kami kemudian menjadi bayangan, nggaklah," kata Amin di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).


Amin mengatakan, secara umum, TGUPP mempunyai dua tugas pokok. Tugas tersebut adalah membantu mempercepat kinerja gubernur dan merespons aspirasi warga.

"On daily, basis namanya Jakarta kan problemnya macam-macam. Kita harus mendengarkan dan kadang-kadang mencari. Jadi aktif dan pasif mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Mantan Direktur PLN ini menyebutkan target kerjanya adalah memastikan penyerapan anggaran berjalan dengan baik. Dia juga memastikan Anies dapat menjalankan apa yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


"Kita full cycle dari proses pemerintahan, dari bikin RPJMD, proses penganggaran tahunan. Kemudian penganggaran, eksekusi, pengadaan sampai tuntas," jelasnya.

Amin mengaku menerima tawaran sebagai TGUPP karena merasa mempunyai kemampuan yang cukup. Dia pernah terlibat untuk bekerja dalam berbagai bidang.

"Buat saya personally saya sudah kerja lama gitu. Saatnya untuk, utang saya kepada negara banyak. Jadi saya mesti bayar dengan berkontribusi kepada negara," terangnya.
(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed