detikNews
Selasa 20 Maret 2018, 17:50 WIB

Puan Datang Khusus Hadiri Pelantikan Utut sebagai Pimpinan DPR

Tsarina Maharani - detikNews
Puan Datang Khusus Hadiri Pelantikan Utut sebagai Pimpinan DPR Puan Maharani di DPR hadiri pelantikan Utut Adianto. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DPR. Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani hadir khusus untuk menyaksikan pelantikan tersebut.

Puan menjelaskan alasan PDIP memilih Utut sebagai Wakil Ketua DPR tambahan. Mantan atlet catur nasional itu dinilai kader PDIP yang mumpuni.

"Karena beliau DPP partai, kemudian juga kinerjanya sudah cukup lama dan baik. Banyak-lah pertimbangan yang sudah kita pertimbangkan," kata Puan usai pelantikan Utut di Gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3/2018).


Terkait jabatan baru Utut di kursi pimpinan DPR, Puan pun menaruh banyak harapan. Salah satunya adalah penguatan kinerja antara DPR dan pemerintah dengan adanya representasi dari PDIP.

"Saya harapkan kinerja DPR dengan penambahan pimpinan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penguatan dari PDIP saya harap bisa jadi kekuatan baru," sebut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

"Sinergi antara semua fraksi di DPR dan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk menjalankan semua program pemerintah bersama dengan DPR demi kesejahteraan rakyat," imbuh Puan.

[Gambas:Video 20detik]


Diketahui, penambahan Utut di kursi pimpinan DPR ini didasari revisi UU MD3. Hasil revisi menyepakati tambahan satu kursi pimpinan DPR untuk F-PDIP sebagai partai pemenang Pemilu 2014.

Utut resmi dilantik sore tadi dalam sidang paripurna DPR. Pengambilan sumpahnya sebagai Wakil Ketua DPR dipandu Ketua MA Hatta Ali.

Hingga saat ini, Utut juga masih menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP. Utut menjadi Ketua Fraksi PDIP menggantikan Puan yang dipilih menjadi menteri di kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).
(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com