DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 19:14 WIB

Momen Jokowi Bangga Ada 2 Pilot Perempuan Pertama dari Papua

Ray Jordan - detikNews
Momen Jokowi Bangga Ada 2 Pilot Perempuan Pertama dari Papua Jokowi saat bincang santai dengan pelajar dan mahasiswa WNI di Wellington, Selandia Baru.(Laily Rachev-Biro Pers Setpres)
Jakarta - Dalam pertemuannya dengan para pelajar, mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Wellington, Selandia Baru, Jokowi mendapat laporan mengenai dua putri asal Papua yang menempuh sekolah pilot di negeri tersebut. Dua putri itu akan menjadi pilot perempuan pertama kali dari Papua dan akan bekerja untuk maskapai Garuda Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya saat bincang antara Jokowi dengan pelajar dan mahasiswa WNI di kawasan Waterfront Wellington, Selandia Baru, Senin (19/3). Dalam suasana bincang santai itu, Tantowi menyampaikan langsung ke Jokowi.

"Izin Pak, melaporkan juga. Dari dua putri Papua yang lulus sekolah pilot itu, sekarang ini lagi proses akhir untuk jadi pilot Garuda Pak. Jadi saya komunikasi terus, lagi proses terakhir untuk perubahan izin di sini dengan pilot kita," kata Tantowi dalam video yang dikirimkan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (19/3/2018).

"Jadi kita akan punya pertama kali dua pilot perempuan dari Papua dan dan untuk Garuda Indonesia," tambah Tantowi yang disambut tepuk tangan oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang duduk di sebelahnya.

Raut muka Jokowi serius dalam menerima informasi dari Tantowi tersebut. Jokowi pun sempat memastikan kembali ke Tantowi mengenai informasi itu.

"Pilotnya perempuan?" tanya Jokowi.

"Perempuan Pak," jawab Tantowi.

Jokowi sempat menggelengkan kepalanya mendengar jawaban Tantowi itu.

Kegiatan jalan kaki bersama dan bincang santai itu dilakukan Jokowi, Iriana, Tantowi dan 29 pelajar dan mahasiswa Indonesia. 15 di antaranya berasal dari Papua.

Mereka berjalan kaki dari hotel tempat Jokowi dan Iriana menginap di kawasan CBD Wellington, menuju Waterfront Wellington yang berjarak 1 kilometer.
(jor/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed