DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 18:49 WIB

Artefak Kerajaan Lamuri Berusia 700 Tahun Ditemukan di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Artefak Kerajaan Lamuri Berusia 700 Tahun Ditemukan di Aceh
Aceh - Tim peneliti asal Aceh dan Malaysia melakukan ekskavasi di situs Kerajaan Lamuri, di Aceh Besar, Aceh. Mereka menemukan artefak yang diperkirakan berumur sekitar 700 tahun. Artefak tersebut berupa keramik dan tembikar dalam keadaan pecahan-pecahan kecil.

Arkeolog Aceh sekaligus ketua tim ekskavasi penelitian situs Lamuri dari Aceh, Husaini Ibrahim, mengatakan, tim peneliti dari Malaysia dan Aceh melakukan penelitian selama beberapa hari yaitu mulai Sabtu 3 Maret hingga Kamis 15 Meret lalu. Dari hasil penggalian tersebut ditemukan pecahan kecil keramik dan tembikar.

"Dari hasil analisis, artefak tersebut telah berumur lebih kurang 700 tahun," kata Husaini, Senin (19/3/2018).

Menurutnya, dalam penggalian tersebut juga ditemukan sebuah mangkuk dalam kondisi masih utuh dan terbuat dari keramik. Mangkuk tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar 50 cm dan dalam posisi terbalik.

"Dari hasil analisis diketahui keramik ini diproduksi dari Vietnam pada abad ke-14 dan 15 Masehi. Keramik Vietnam, keramik China yang diproduksi pada masa Dinasti Song Selatan dan Yuan abad ke-13 Masehi juga dijumpai ketika penggalian. Selain itu juga ada tembikar dari Asia Selatan yang diduga berasal dari periode yang sama," jelas Husaini.

Ekskavasi yang dilakukan dapat dipertanggung jawabkan karena dilakukan sesuai standar internasional. Dengan adanya temuan artefak tersebut, dapat menguatkan pernyataan jika Lamreh adalah betul pusat kerajaan Lamuri.

"Pernyataan ini juga dipertegas oleh temuan ratusan batu nisan di situs ini yang diperkirakan milik raja-raja Lamuri," ungkap Husaini.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed