DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 15:29 WIB

Paus Sperma 15 Meter Terdampar di Pantai Buleleng Bali

Herianto Batubara - detikNews
Paus Sperma 15 Meter Terdampar di Pantai Buleleng Bali Paus sperma terdampar di Pantai Buleleng, Bali. (istimewa)
Buleleng - Seekor paus sperma ditemukan terdampar di Pantai Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kondisi paus yang terdampar ini sudah mati.

"Kondisi pausnya sudah mati, mungkin diperkirakan lebih dari seminggu matinya," kata Wakapolsek Sawan, Polres Buleleng, Iptu Ida Bagus Astawa saat dihubungi detikcom lewat telepon, Senin (19/3/2018).


Iptu Astawa menjelaskan keberadaan paus yang terdampar ini sudah dilaporkan warga pada Minggu (18/3) malam. Pagi harinya, dia beserta jajaran Polsek Sawan datang ke lokasi bersama pihak-pihak terkait.

Wakapolsek Sawan, Iptu Ida Bagus Astawa, memeriksa paus sperma yang terdamparWakapolsek Sawan, Iptu Ida Bagus Astawa, memeriksa paus sperma yang terdampar. (Paus sperma terdampar di Pantai Buleleng, Bali. (istimewa)

"Saya ke sana, ada pula kepala desa, Camat Sawan, dan Camat Kubutambahan, karena lokasinya di pantai perbatasan dengan Kecamatan Kubutambahan. Ada juga dosen Undiksha Singaraja dan dinas terkait," jelasnya.


Menurut Iptu Astawa, ukuran paus sperma betina itu cukup panjang, sekitar 15 meter. Kondisi paus sudah tidak utuh lagi.

"Keterangan dosen dari Undiksha, paus itu diperkirakan lebih dari seminggu matinya. Sudah bau sekali, sudah busuk," ucapnya. Warga sempat berkerumun di lokasi untuk melihat keberadaan paus ini.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed