DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 15:15 WIB

Saat Dilan dan Milea Sepakat Tak Punya e-KTP Lebih Berat dari Rindu

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Saat Dilan dan Milea Sepakat Tak Punya e-KTP Lebih Berat dari Rindu Komik Dilan dan Milea soal e-KTP. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kata-kata seputar 'rindu itu berat' banyak diucapkan orang setelah diputarnya film 'Dilan 1990'. Akhir-akhir ini beredar komik strip dengan gambar Dilan dan Milea, tapi keduanya sepakat ada yang lebih berat dari rindu: tak punya e-KTP.



Percakapan antara Dilan dan Milea itu terdapat dalam sebuah komik strip dengan dua panel yang tersebar di aplikasi percakapan pada Senin (19/3/2018). Terlihat Dilan dan Milea sedang bercakap-cakap sambil duduk dan sambil menuntun motor. Tentu saja ini bukan cuplikan dari film 'Dilan 1990'.

"Jangan rindu, ini berat, kamu tak akan kuat. Biar aku saja...," kata sosok Dilan dalam komik tersebut.

"Dilan... rindu itu nggak berat... ada WA, FB, Line, dan Twitter... jaman now yang berat kalau belum punya e-KTP, Dilan...," tandas Milea.

Lalu, pada panel kedua tampak Dilan mengajak Milea berbincang. Dilan berjalan sambil menaiki motornya, sedangkan Milea jalan kaki.

"Dengan punya KTP-el, kita bisa mendapatkan hak kita sebagai penduduk WNI, antara lain untuk mengurus beasiswa, membuat SIM, paspor, dan lain-lain," ujar Milea.

"Ya Milea... bahkan untuk membuka tabungan dan persiapan kita menikah nanti," jawab Dilan.

Rupanya komik tersebut merupakan bentuk sosialisasi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Hal ini dibenarkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah.

"Iya benar (Kemendagri yang membuat). Tujuannya untuk pemilih pemula dan 'generasi Dilan', anak-anak muda milenial," ujar Zudan saat dimintai konfirmasi detikcom.


(bag/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed