detikNews
Senin 19 Maret 2018, 12:31 WIB

Dipilih Jadi Pimpinan DPR, Utut Beri Surat Penugasan ke Bamsoet

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Dipilih Jadi Pimpinan DPR, Utut Beri Surat Penugasan ke Bamsoet Foto: Bamsoet dan Utut Adianto. (Parastiti/detikcom).
Jakarta - PDIP memilih Utut Adianto sebagai wakil ketua DPR yang baru. Utut pun menyerahkan surat penugasannya ke pimpinan DPR yang diterima langsung oleh sang ketua, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Surat keputusan dari PDIP tersebut ditandatangani secara langsung oleh Ketum PDIP Megawati soekarnoputri. Tanggal yang tertera pun tepat pada hari ini.

"Terimakasih kepada PDIP yang dengan segera mengirim kader terbaiknya yaitu Pak Utut ya, dan untuk MPR itu Pak Basarah. Ya (ditandatangani tertanggal hari ini dan kami terima hari ini," kata Ketua DPR Bamsoet di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018).


Bamsoet memastikan Utut akan dilantik besok, Selasa (20/3). Pimpinan DPR akan melakukan rapat Bamus dengan pimpinan fraksi di DPR untuk membahas pelantikan tersebut.

"Saya nggak tahu untuk MPR dilantiknya kapan itu, domainnya MPR. Tapi kalau di DPR saya nyatakan besok akan dilaksanakan pelantikan. Dan hari ini jam 16.00 WIB kita lakukan rapat Bamus," sebutnya.

Sementara itu, Utut menyatakan dirinya akan mengemban tugas sebagai Wakil Ketua DPR dengan sebaik-baiknya. Hanya saja dia mengaku belum mengetahui akan bertugas pada bidang apa dalam penugasan di pimpinan DPR itu.

"Ya ini tugas yang diberikan memang tentu harus saya jawab dengan sebaik-baiknya," sebut Utut dalam kesempatan yang sama.

Utut pun bertekad untuk menyelesaikan waktu kerja di sisa periode DPR 2014-2019. "Kalau penugasan secara khusus memang belum ada. Yang jelas bahwa 19 bulan ke depan ini kita selesaikan masa 2014-2019 ini sebaik-baiknya," tambahnya.


Terkait penggantinya sebagai Ketua Fraksi PDIP, Utut menyatakan belum ada keputusan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia akan rangkap jabatan sementara waktu itu.

"Belum, nanti kita info juga," ungkap Utut.

Sebelumnya diberitakan, Megawati memilih Utut Adianto sebagai wakil ketua DPR yang baru. Sementara itu Ahmad Basarah dipilih untuk mengisi kursi tambahan pimpinan MPR. Keduanya dianggap sebagai kader PDIP yang mumpuni untuk mengisi jabatan tersebut.

"Pak Basarah dan Pak Utut telah digembleng sebagai kader partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara," papar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
(yas/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com