DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 11:23 WIB

Utut dan Basarah, Wakil Ketua DPR dan MPR Baru dari PDIP

Elza Astari Retaduari - detikNews
Utut dan Basarah, Wakil Ketua DPR dan MPR Baru dari PDIP Utut Adianto menjadi Wakil Ketua DPR baru dari PDIP. (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - PDIP resmi memilih nama untuk pimpinan baru DPR dan MPR. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memilih Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR yang baru dan Ahmad Basarah untuk pimpinan MPR.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap soal pilihan Megawati itu. Kedua nama tersebut memang sudah lama disebut-sebut menjadi pimpinan baru di DPR dan MPR.

"Dengan adanya representasi PDI Perjuangan, baik di MPR maupun DPR RI, maka hal tersebut mencerminkan kesesuaian aspirasi antara suara rakyat yang memberi kepercayaan pada PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu tahun 2014 dengan representasi susunan dan komposisi pimpinan kedua lembaga negara tersebut," ujar Hasto dalam keterangannya, Senin (19/3/2018).


PDIP akhirnya mendapat jatah kursi DPR dan MPR setelah empat tahun periode DPR ini berjalan. Itu setelah adanya revisi UU MD3. Dengan adanya representasi PDIP di pimpinan DPR dan MPR, kata Hasto, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meningkatkan konsolidasi politik.

"PDI Perjuangan menempatkan posisi Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua DPR RI itu sebagai momentum strategis untuk memperkuat konsolidasi politik pemerintahan Presiden Jokowi. Kedua wakil pimpinan dari PDI Perjuangan tersebut bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program-program pemerintahan Jokowi," sebutnya.

Dipilihnya Utut dan Basarah oleh Megawati disebut Hasto sebagai bentuk kaderisasi kepemimpinan PDIP yang berjalan semakin sistemik. Kedua elite PDIP itu dinilai memiliki kredibilitas dan kapasitas yang mumpuni.

Utut dan Basarah, Wakil Ketua DPR dan MPR Baru dari PDIPWasekjen PDIP Ahmad Basarah (Vino/detikcom)

"Pak Basarah dan Pak Utut telah digembleng sebagai kader partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara," kata Hasto.

"Keduanya tidak hanya menampilkan kepemimpinan yang berkarakter, namun juga memiliki disertai kecakapan manajerial yang andal. Keduanya berdedikasi untuk memperbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara tersebut," imbuhnya.

Hasto mengatakan surat keputusan dipilihnya Utut dan Basarah akan dikirimkan ke pimpinan DPR hari ini. Rencananya, pelantikan pimpinan DPR akan digelar besok, Selasa (20/3).


"Surat keputusan terkait dengan penetapan kedua kader PDI Perjuangan tersebut dikirimkan hari ini, Senin, 19 Maret 2018," ungkap Hasto.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pelantikan pimpinan DPR akan digelar dalam rapat paripurna mendatang.

"Pelantikan pimpinan DPR dari F-PDIP kami sudah menjadwalkan hari Selasa (20/3) dalam sidang paripurna pekan depan," ucap Bamsoet.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed